Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Pada Pembelian Teh Poci (Pusat Perbelanjaan Malang Town Square, Kota Malang

Christy, Heni Fita (2014) Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Pada Pembelian Teh Poci (Pusat Perbelanjaan Malang Town Square, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

i RINGKASAN Heni Fita Christy. 0910441014. ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN TEH POCI. Malang Town Square (Lowokwaru, Kota Malang). Di bawah bimbingan Ir Agustina Shinta Hartati Wahyuningtyas, MP sebagai Pembimbing Utama dan Riyanti Isaskar, SP.,M.Si sebagai Pembimbing Pendamping. Indonesia sebagai salah satu produsen teh terbesar di dunia memiliki lebih dari satu daerah produsen teh. Daerah produsen teh yang cukup terkenal di Indonesia adalah Jawa Barat, Jawa Tengahdan Sumatra Utara. Dari data yang ada yaitu untuk perkebunan negara, ketiga daerah tersebut memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap produksi nasional. Salah satunya adalah PT Gunung Slamat misalnya, perusahaan ini menghadirkan teh cup siap minum yang segar dan mudah dijumpai pada waralaba Teh Poci yang berada dipusat perbelanjaan maupun pada kios- kios pinggir jalan. Meski produk teh cup Poci terbilang baru dipasaran, namun saat ini produk teh cup Poci mampu menarik minat konsumen atribut teh cup yang menarik dan kualitas teh Poci yang sudah dikenal cukup baik oleh masyarakat. Teh cup Poci yang ditawarkan memiliki varian rasa yang sangat variatif, seperti rasa strawberry , milk tea, oreo tea, jasmine, vanila, dan masih banyak lagi sehingga nantinya mempengaruhi sikap konsumen dalam melakukan pembelian. Sikap dan perilaku konsumen dalam membeli produk teh cup Poci tidak lepas dari beberapa atribut yang melekat pada produk, Hal ini sangat penting dipertimbangkan oleh produsen pada khususnya untuk semakin meningkatkan strategi pemasarannya dalam penjualan teh cup Poci baik dari segi kemasan, rasa, aroma dan kualitas produk. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dikaji bagaimanakah sikap konsumen terhadap atribut- atribut produk yang melekat pada produk teh cup Poci. Oleh karena itu perlu dilakukan analisa perilaku pembelian seseorang, jika diukur dari keinginannya untuk bertindak dengan menggunakan teori maksud perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis Atribut yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk Teh cup Poci (2) Untuk menganalisis sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk Teh cup Poci . Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja yaitu Pusat Perbelanjaan Malang Town Square, kecamatan Lowokwaru Kota Malang . Untuk menentukan jumlah sampel dari digunakan metode non-probability sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan Cochran’s Q test, Uji Reliabilitas, Uji Validitas, analisis model sikap (Model multiciri fishbein). Hasil dari penelitian ini adalah dari tujuh atribut produk yang sudah ditentukan hanya lima atribut yang terpilih dalam pengujian Cochran Q Test yang terdiri dari merek, harga, desain kemasan, bentuk kemasan, dan rasa. Dan untuk sikap konsumen di Desa Belung, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang melalui aplikasi Model Sikap Multiciri Fishbein menunjukan bahwa rata-rata sikap responden terhadap produk Teh cup Poci adalah“negatif” yang menunjukan bahwa kesadaran konsumen atas atribut produk tergolong tinggi namun ketertarikan konsumen terhadap produk teh cup Poci terbilang cukup rendah. Berdasarkan kelima atribut yang dipertimbangkan itu, terdapat 32 orang (64%) menyatakan bersikap “negatif”, 16 orang (32%) bersikap “netral”, dan 2 orang (4%) bersikap “positif”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/45/051401414
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Feb 2014 10:53
Last Modified: 23 Nov 2021 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129930
[thumbnail of ANALISIS_SIKAP.pdf]
Preview
Text
ANALISIS_SIKAP.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover_2.pdf]
Preview
Text
Cover_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_1.pdf]
Preview
Text
Cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_PENGUJI.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_PENGUJI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item