Utami, BriyantiWidhi (1900) Pengaruh Atribut Produk Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Sawi Caisim (Brassica Juncea L) Organik (Studi Kasus di Usaha Tani Kurnia Kitri Ayu Farm Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia sebagai negara agraris dengan jumlah penduduk 212 juta jiwa yang umumnya bermata pencaharian sebagai bertani merupakan potensi yang besar untuk mengembangkan bidang pertanian (BPS, 2002). Hal ini perlu menjadi perhatian karena sektor pertanian di Indonesia memberikan peran yang cukup besar dalam perekonomian secara keseluruhan. Peran tersebut diantaranya adalah sebagai penyedia bahan baku industri, penyedia bahan pangan masyarakat, sumber devisa negara, dan penyedia lapangan kerja yang ekstensif. Namun seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan antara tingkat produksi pertanian dan tingkat konsumsi pangan masyarakat. Selain itu pola pikir masyarakat pun semakin memperhatikan pola pangan yang aman dikonsumsi dan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Perubahan strategis ini menuntut adanya perubahan pengembangan kebijakan agribisnis yang berdaya saing. Gaya hidup sehat telah melembaga secara internasional yang mensyaratkan jaminan bahwa produk pertanian harus beratribut aman dikonsumsi ( food safety attributes ), kandungan nutrisi tinggi ( nutritional attributes ), dan ramah lingkungan ( eco-labelling attributes ). Preferensi konsumen seperti ini menyebabkan permintaan sayuran organik dunia meningkat pesat (Bapepam, 2002). Di Indonesia, sawi caisim merupakan jenis sayuran yang digemari setelah bayam dan kangkung (Haryanto dkk, 2006). Sawi caisim yaitu salah satu jenis sayuran dikenal pula sebagai caisim atau sawi bakso. Saat ini, sawi caisim dibudidayakan oleh petani dalam bentuk sawi caisim organik. Seiring dengan pekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah merambah di berbagai bidang termasuk bidang pertanian, maka persaingan akan produk hasil pertanian di masyarakat semakin tinggi. Tingkat persaingan produk pertanian dapat dilihat dari volume konsumsi masyarakat akan produk pertanian yang ada pada saat ini termasuk produk sawi caisim organik. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan dalam hal pemasaran produk agar dapat memenangi persaingan pasar diantaranya atribut produk dan kepuasan konsumen untuk mendapatkan loyalitas dari konsumen. Kurnia Kitri Ayu Farm merupakan usaha yang bergerak dalam usaha sayuran organik khususnya sasawi caisim organik. Beragamnya produk sawi caisim organik yang diproduksi oleh kompetitor lain memberikan berbagai pilihan bagi konsumen, hal ini menguji tingkat loyalitas konsumen terhadap produk sawi caisim organik Kurnia Kitri Ayu Farm. Persaingan yang semakin ketat dan semakin berkembangnya ekspektasi pelanggan mendorong Kurnia Kitri Ayu Farm untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Dari sekian produk sawi caisim organik yang ada di dalam pasar, konsumen biasanya menggunakan bahan pertimbangan seperti atribut produk untuk mengambil keputusan pembelian,yang nantinya akan timbul kepuasan terhadap produk sawi caisim organik tersebut. Faktor- faktor inilah yang menjadi hal terpenting suatu konsumen dapat loyal terhadap produk. Berdasarkan uraian tersebut maka melakukan penelitian dengan judul ” Pengaruh Atribut Produk dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Sawi Caisim ( Brassica juncea L ) Organik ( Studi Kasus di Usaha Tani Kurnia Kitri Ayu Farm Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Malang) ” . Tujuan dari penelitian ini adalah 1).me nganalisis pengaruh atribut produk terhadap loyalitas konsumen sawi caisim organik Kurnia Kitri Ayu Farm. 2).m enganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen sawi caisim organik Kurnia Kitri Ayu Farm .3).menganalisis pengaruh atribut produk dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sawi caisim organik Kurnia Kitri Ayu Farm Penelitian dilakukan pada Bulan April hingga Juli 2013. Penentuan lokasi penelitian Kurnia Kitri Ayu Farm dilakukan secara sengaja ( purposive ) dengan pertimbangan bahwa Kurnia Kitri Farm merupakan perusahaan yang memproduksi sayuran organik khususnya sawi caisim organik. Teknik penentuan responden dilakukan dengan menggunakan probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Responden yang digunakan dalam penelitian sebanyak 98 orang, cara menentukan banyaknya responden yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan rumus Slovin. Metode Analisis Data menggunakan analisis data deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan uji cochran Q test, uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi. Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan Uji F dan Uji T untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian.
English Abstract
Indonesia as an agricultural country with a population of 212 million are generally livelihood as farmed is great potential to develop in the agricultural sector (BPS, 2002). This needs to be attentive for the agricultural sector in indonesia gave a big role in the economy as a whole.The role of them are industry, as a supplier of raw materials the provider of the public, food materials a source of foreign exchange countries, an extensive and provider of jobs. But as with the extension of the total population causing the occurrence of an imbalance between the level of agricultural production and rate of consumption of food society. Besides mindset society is taking into account a pattern made safe food consumed and remain preserve the environment.This strategic change demands a kind of changes being sappy competitiveness of agribusiness development policies. A healthy lifestyle have institutional internationally which requires a guarantee that of agricultural products should food safety attributes, high nutrition, eco-labelling attributes. Preference of consumers as this will cause the request of organic vegetables soared (Bapepam, 2002). In indonesia, mustard caisim is a kind of vegetable which had much cache after spinach and convolvulus (Haryanto dkk, 2006). Mustard caisim that is one of a kind of vegetable known also as caisim or mustard meatballs. These vegetables easily cultivated and succulent edible or processed became less common. Currently, mustard caisim or green mustard cultivated by farmers in the form of mustard caisim organic. Along with scientific and technology, which has been spreading in various fields including the field of agriculture, the competition will be the product of agricultural produce in people will be high. A level playing agricultural products can be seen from the volume of public consumption will agricultural products that exists at this time including the product of mustard caisim organic. For that need to be repaired in terms of its marketing so as to be won market competition among them an attribute products and customer satisfaction to get loyality of consumers. Kurnia Kitri Ayu Farm is business engaged in the business of organic vegetables organic vegetables caisim especially mustard greens. Mustard caisim organic products produced by other competitors give various choice for consumers, this test the level of consumer loyalty to products mustard caisim organic Kurnia Kitri Ayu Farm. Thight competition and the development of expectations customers encourage Kurnia Kitri Ayu Farm to focused more on an effort to maintain the existing customers. Of many organic products mustard caisim which are in the market consumers usually uses a consideration as an attribute products to make decisions purchase, who will eventually emerge satisfaction to products mustard caisim organic said. The factors this is what being the most important things a consumers can loyalty to products. Based on revelation was then do research by the title ” The Influence Of Product Attributes And Satisfaction Of Consumer Loyalty Product Caisim Organic Mustard (Case Study on Farmer gift of Kitri Ayu Farm Village Sukun, Sub distric Malang) The purpose of this research is to 1).analyse the influence of product attributes against consumer loyalty mustard caisim organic gift of Kitri Ayu Farm 2).analyse the influence of the satisfaction of consumer loyalty mustard caisim organic gift of Kitri Ayu Farm 3).analyse the influence of product attributes and customer satisfaction to customer loyalty mustard caisim organic gift of Kitri Ayu Farm Research conducted in April until July 2013. The determination of the research Kurnia Kitri Ayu Farm was done deliberately purposive with consideration that Kurnia Kitri Ayu Farm is a company that produces organic vegetables organic caisim mustard especially mustard greens. The technique of the determination of the respondents conducted by the use of probability of sampling namely the technique of the sample give an equal chance for every element (members) a population to become a member of the selected sample. Respondents used in research 98 people, a decisive manner of many respondents used in research is by using formulas slovin.A method of analysis of data use analysis of data qualitative. To quantitative analysis by using cochran q test, test validity; test reliabilitas, test coefficient of determination, anlisis multiple regression by using test F and test t to know variable influence free with variable bound used in research. From the results of testing a hypothesis to the test
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2014/259/051406087 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 23 Oct 2014 10:06 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 10:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129721 |
Actions (login required)
View Item |