Analisis Tingkat Kepuasan Kinerja Pelayanan Dari Pemasok Bunga Potong Krisan (Kasus Pada Kelompok Tani Krisan Mulyo Joyo Kec. Batu, Kota Batu Dan Kelompok Tani Padmasari Ii Kec. Tutur Nongkojajar, Kab

Ramadhani, ParamitaDwiasti (2014) Analisis Tingkat Kepuasan Kinerja Pelayanan Dari Pemasok Bunga Potong Krisan (Kasus Pada Kelompok Tani Krisan Mulyo Joyo Kec. Batu, Kota Batu Dan Kelompok Tani Padmasari Ii Kec. Tutur Nongkojajar, Kab. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis bunga potong krisan mendorong timbulnya persaingan diantara pelaku-pelaku bisnis bunga potong. Salah satu persaingan dalam bisnis bunga potong yaitu persaingan pada tingkat pemasok. Upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi persaingan tersebut yaitu dengan merancang strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk memuaskan pelanggan salah satunya dengan cara memperhatikan kinerja pelayanan. Kinerja pelayanan merupakan strategi yang digunakan sebagai langkah awal keberhasilan pemasok bunga potong krisan di masa mendatang dalam menjalin hubungan kerjasama dengan pelanggan.Tujuan Penelitian ini adalah (1) Menganalisis tingkat kinerja pelayanan dari pemasok bunga potong krisan pada kelompok tani di daerah penelitian. (2) Menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan dari pemasok bunga potong krisan pada kelompok tani di daerah penelitian. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif-kuantitatif untuk menganalisis data. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 16.0 for windows dan Microsoft Excel . Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian adalah Skala Likert 1-5. Tingkat kepuasan kinerja pelayanan pemasok bunga potong krisan dilihat dengan menggunakan dua metode yaitu Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian tingkat kinerja pelayanan dari pemasok bunga potong krisan pada kelompok tani Krisan Mulyo Joyo di Kecamatan Batu dan kelompok tani Padmasari II di Kecamatan Tutur Nongkojajar berada pada kategori baik. Tingkat kesesuaian kinerja pelayanan pemasok bunga potong krisan dari kelompok tani Krisan Mulyo Joyo di Kecamatan Batu yaitu 87,23% sedangkan kelompok tani Padmasari II di Kecamatan Tutur Nongkojajar yaitu 89,80%. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan dari pemasok bunga potong krisan pada kelompok tani Padmasari II lebih dapat memenuhi harapan pelanggan. Hasil Customer Satisfaction Index (CSI) tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan dari pemasok bunga potong krisan pada kelompok tani Krisan Mulyo Joyo di Kecamatan Batu sebesar 73% dan kelompok tani Padmasari II di Kecamatan Tutur Nongkojajar sebesar 75%. Secara keseluruhan pelanggan puas dengan kinerja pelayanan dari kedua pemasok bunga potong krisan. Persentase kepuasan kinerja pelayanan dari pemasok bunga potong pada kelompok tani Padmasari II lebih tinggi dikarenakan kelompok tani ini menerapkan sistem abonemen atau berlangganan, sehingga lebih dapat memberikan pelayanan yang lebih konsisten. Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis (IPA) kinerja pelayanan yang harus diprioritaskan dari pemasok bunga potong krisan pada kelompok tani Krisan Mulyo Joyo di Kecamatan Batu antara lain ketepatan waktu pengiriman, jaminan kualitas produk, keutamaan kepentingan pelanggan, pelayanan yang adil dan memahami kepentingan pelanggan. Sedangkan, pada kelompok tani Padmasari II di Kecamatan Tutur Nongkojajar antara lain ketepatan waktu pengiriman, pelayanan cepat dan efisien, jaminan kualitas produk, keutamaan kepentingan pelanggan, dan memahami kebutuhan pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/165/051403857
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Jul 2014 10:44
Last Modified: 20 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129618
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of definisi_operasional.pdf]
Preview
Text
definisi_operasional.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of implikasi_manajerial.pdf]
Preview
Text
implikasi_manajerial.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of judul_skripsi.pdf]
Preview
Text
judul_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ringkasan.pdf]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pernyataan_skripsi.pdf]
Preview
Text
pernyataan_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Riwayat_Hidup.pdf]
Preview
Text
Riwayat_Hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of summary.pdf]
Preview
Text
summary.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item