Analisis Pendapatan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani Tebu Melakukan Kemitraan dengan Pabrik Gula Modjopanggoong (Studi Kasus Di Desa Wonotirto, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blita

Ferdiana, Rita (2014) Analisis Pendapatan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani Tebu Melakukan Kemitraan dengan Pabrik Gula Modjopanggoong (Studi Kasus Di Desa Wonotirto, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tebu (Saccharum officinarum) merupakan salah satu tanaman perkebunan yang turut memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap produksi di sektor perkebunan yaitu sebesar 2.438.198 ton atau 7 % dari 34.427.570 ton (Deptan, 2012). Dari tahun 2010 hingga 2013 produksi tebu mengalami peningkatan yaitu sekitar 12,3 %, akan tetapi target yang diinginkan pemerintah belum tercapai hal ini juga dilihat dati kebutuhan nasional yang belum terpenuhi. Sentra utama tebu berada di Jawa Timur yang menyumbang sebesar 69,57 % terhadap total produksi nasional. Kabupaten Blitar merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi tebu. Akan tetapi daerah tersebut belum memiliki pabrik gula sehingga pengriman tebu oleh petani mitra biasanya dikirim ke Tulungagung, Kediri dan Malang. Salah satu program swasembada adalah dengan kemitraan untuk meningkatkan produksi tebu. Mayoritas petani mitra didaerah penelitian melakukan kemitraan dengan PG. Modjopanggoong di Tulungagung. Akan tetapi jumlah petani mitra lebih sedikit (14 petani) dibandingkan petani non mitra (24 petani) Berdasarkan uraian tersebut, secara umum permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut “Mengetahui perbedaan pendapatan antara petani mitra dan non mitra dan melihat faktor apa saja yang menjadi pertimbangan bagi petani untuk bermitra. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder dari pabrik gula mengenai kemitraan. Data yang kedua yaitu data primer yang dilakukan wawancara dengan petani tebu terkait usahatani tebu dan faktorfaktor yang mempengaruhi petani untuk bermitra. Hasil dari analisis menjelaskan bahwa pola kemitraan antara petani mitra dengan pabrik gula adalah bentuk KOA yaitu petani mitra menyediakan lahan, sarana dan tenaga kerja sedangkan pabrik gula menyediakan modal, biaya, bimbingan teknis. Permasalahan terkait kemitraan yang terjadi dari pihak pabrik adalah: pengiriman hasil tebu yang tidak sesuai perjanjian, kualitas yang tidak memenuhi MBS dan petani yang kurang disiplin. Sedangkan dari petani yaitu pencairan hasil giling tebu yang lama dan distribusi saprodi yang kadang telat. Berdasarkan hasil analisis uji beda rata-rata terdapat perbedaan pendapatan petani mitra (Rp. 18.340.074,66) dan petani non mitra (Rp. 11.914.528,49) dengan nilai signifikan 0,016. Pada regresi logistik diperoleh bahwa variabel yang signifikan yaitu luas lahan dengan nilai signifikan 0,031, pengalaman usahatani sebesar 0,05 dan asimetri informasi sebesar 0,034 sedangkan perlunya bimbingan usahatani tidak berpengaruh dengan nilai signifikan0,321. Berdasarkan kendala yang terjadi dalam penelitian maka saran yang bisa diberikan adalah: Pihak pabrik gula harus lebih mengawasi pengiriman tebu ke pabrik, bimbingan teknis perlu ditingkatkan agar kualitas tebu lebih baik serta pemberian reward bagi petani yang loyal, dan petani non mitra diharapkan mempertimbangkan kemitraan karena dengan mengikuti kemitraan secara nyata pendapatan petani mitra lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/124/051403090
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Jun 2014 15:39
Last Modified: 20 Oct 2021 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129573
[thumbnail of 1_cover.pdf]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._I.pdf]
Preview
Text
3._I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._daftar_isi.pdf]
Preview
Text
2._daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._II.pdf]
Preview
Text
4._II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._III.pdf]
Preview
Text
5._III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._iv.pdf]
Preview
Text
6._iv.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._VI.pdf]
Preview
Text
8._VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._V.pdf]
Preview
Text
7._V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._lampiran.pdf]
Preview
Text
10._lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9_daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
9_daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item