Pengaruh Pelaksanaan Bauran Promosi Terhadap Omzet Penjualan Keripik Tempe Burung Swari di Kota Malang (Studi Kasus di UD. Sumber Jaya, Malang, Jawa Timur)

Ashari, TiaraDika (2014) Pengaruh Pelaksanaan Bauran Promosi Terhadap Omzet Penjualan Keripik Tempe Burung Swari di Kota Malang (Studi Kasus di UD. Sumber Jaya, Malang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya globalisasi di bidang ekonomi menyebabkan peningkatan dan kemajuan di setiap aspek yang mengharuskan produsen dapat bertahan dan bersaing dengan produk yang serupa. Untuk menghadapi hal tersebut, peranan pemasaran produk menjadi bagian yang paling penting selain dengan cara membuat keunggulan produk. Melalui promosi perusahaan dapat mengenalkan produk yang dihasilkan kepada calon konsumen. Kota Malang merupakan kota yang terkenal akan produk tempe, selain itu produk olahan dari tempe yaitu kripik tempe juga terkenal di kota ini. Salah satu perusahaan kripik tempe di Sanan, Kota Malang adalah kripik tempe Burung Swari. Menurut Hiam dan Schewe (2003), bauran promosi terdiri dari periklanan (advertising), hubungan masyarakat (publicity), penjualan perorangan (personal selling) dan promosi penjualan (sales promotion). Adanya bauran promosi dapat meningkatkan volume penjualan keripik tempe. Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan, maka tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bauran promosi yang dilakukan Perusahaan Burung Swari selama tahun 2013 (2) Menganalisis pengaruh variabel bauran promosi secara simultan terhadap omzet penjualan produk keripik tempe Burung Swari pada tahun 2013 (3) Menganalisis pengaruh variabel bauran promosi secara parsial terhadap omzet penjualan produk keripik tempe Burung Swari pada tahun 2013. Hipotesis hasil penelitian adalah (1) Diduga bauran promosi yang diterapkan memiliki pengaruh positif secara simultan terhadap omzet penjualan keripik tempe Burung Swari pada tahun 2013 (2) Diduga variabel periklanan memiliki pengaruh positif terhadap omzet penjualan keripik tempe Burung Swari pada tahun 2013 (3) Diduga variabel promosi penjualan memiliki pengaruh positif terhadap omzet penjualan keripik tempe Burung Swari pada tahun 2013 (4) Diduga variabel penjualan perorangan memiliki pengaruh positif terhadap omzet penjualan keripik tempe Burung Swari pada tahun 2013 (5) Diduga variabel hubungan masyarakat memiliki pengaruh positif terhadap omzet penjualan keripik tempe Burung Swari pada tahun 2013. Penelitian dilakukan di gerai Kripik Tempe Burung Swari yang berlokasi di Jl. Tumenggung Suryo, Ruko Sanan 86 Kav D, Malang. Penentuan lokasi ini ditentukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa perusahaan ini telah lama bergerak di bidang pengolahan tempe menjadi kripik tempe dari tahun 2000 dan dapat bertahan serta cukup terkenal diantara banyak pesaing kripik tempe yang ada di Kota Malang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Tujuan dari penggunaan alat analisis regresi linier berganda adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bebas penelitian secara simultan maupun secara parsial terhadap variabel terikat pada penelitian. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah variabel periklanan merupakan variabel yang paling dominan dengan nilai B sebesar 6,801. Variabel hubungan masyarakat menunjukkan hasil yang negatif dengan nilai B sebesar -2,811 Variabel periklanan harus dipertahankan, sedangkan variabel hubungan masyarakat dapat dikurangi biaya atau dapat juga dengan dialihkan ke bauran promosi yang lain.

English Abstract

Economic globalization led to the improvement and advancement in every aspect that requires manufacturers to survive and compete by similar products. To deal with this, the role of marketing products becomes the most important part besides by creating a product advantages. Through the promotion, the company can introduce the products to prospective customers. Malang is a city that known for soybean products, tempe chips are also known in this city beside of soybean. One of the tempe companys chips in Sanan, Malang is Burung Swari. According to Hiam and Schewe (2003), the promotion mix consists of advertising, public relations, personal selling and sales promotion. The existence of the promotion mix may increase sales volume of tempe chips. Based on the issues that have been raised, then the purposes of this research are (1) To describe promotional mix that Burung Swari Company use in 2013 (2) To analyze the effect of promotional mix variables to selling omzet simultaneously in 2013 (3) To analyze the effect of promotional mix variables to selling omzet partially in 2013. Hypothesis of the research are (1) Alegadly promotional mix that already done have the positif affect to selling omzet of tempe chips Burung Swari silmutaneously in 2013 (2) Alegadly advertising variable have positive affect to selling omzet of tempe chips Burung Swari in 2013 (3) Alegadly sales promotion variable have positive affect to selling omzet of tempe chips Burung Swari in 2013 (4) Alegadly personal selling variable have positive affect to selling omzet of tempe chips Burung Swari in 2013 (5) Alegadly public relation variable have positive affect to selling omzet of tempe chips Burung Swari in 2013 Research was done in Tempe Burung Swari chips outlets located on Jl. Tumenggung Suryo, Ruko Sanan D Kav 86, Malang. Determination of the location chosen purposively considering that the company has long been in the field of processing into tempe chips from 2000 and it can survive and quite famous among many competitors tempe chips in Malang City. Analysis tool that is used in this study is multiple linier regression. The purpose from use multiple linier regression analysis is to determine the effect of independent variables on the dependent variable in the research study. The results of the research done are the variable of advertising is the most dominant variable with a value of B amounting to 6,801. Variable showed a negative of publicity to the value B of -2,811. Variable of advertising must be maintained, while the variable of public relation costs can be reduced or can also use other variable of promotion mix.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/115/051402732
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 14 May 2014 09:46
Last Modified: 20 Oct 2021 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129563
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IIIb.pdf]
Preview
Text
BAB_IIIb.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item