Widjadjaningsih, DeassyPermatasari (2013) Pengaruh Bauran Promosi (promotional Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Benih Hortikultura (Studi Kasus Pada Produk CV. Aura Seed Indonesia, Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Adanya berbagai perusahaan benih hortikultura di Indonesia menyebabkan produk benih hortikultura yang dihasilkan juga beragam, dengan tingkat kualitas yang beragam pula. Benih hortikultura yang diproduksi oleh CV. Aura Seed Indonesia, antara lain: kacang panjang, buncis, sawi, melon, semangka, cabai rawit, tomat, timun dan gambas. Bauran promosi (promotional mix) adalah bentuk kegiatan dalam promosi yang terdiri dari variabel periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. Namun dalam pelaksanaannya, hanya tiga bentuk promosi yang dilakukan oleh CV. Aura Seed Indonesia yaitu periklanan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat. Secara umum, pelaksanaan kegiatan bauran promosi yang tepat dan efektif pada konsumen akan membuat pengaruh terhadap keputusan pembelian karena perusahaan dapat menginformasikan, membujuk dan menyarankan serta meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Pertanyaan penelitian yang akan dikaji: (1) Bagaimana kegiatan bauran promosi (promotional mix) pada benih hortikultura? (2) Bagaimana pengaruh variabel bauran promosi (promotional mix) terhadap keputusan pembelian benih hortikultura? (3) Variabel bauran promosi (promotional mix) apakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian benih hortikultura? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi kegiatan bauran promosi (promotional mix) pada benih hortikultura. (2) Menganalisis pengaruh variabel bauran promosi (promotional mix) terhadap keputusan pembelian benih hortikultura. (3) Menganalisis variabel bauran promosi (promotional mix) yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian benih hortikultura. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengidentifikasi kegiatan bauran promosi pada benih hortikultura. Serta analisis kuantitatif yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel bauran promosi terhadap keputusan pembelian benih hortikultura serta mengetahui variabel bauran promosi yang berpengaruh dominan. Hasil dari penelitian, yaitu kegiatan bauran promosi pada benih hortikultura dilakukan melalui periklanan yang disajikan berupa papan reklame atau poster, kalender dan kaos yang disertai dengan nama perusahaan; promosi penjualan berupa demo plot (demplot), farmer meeting dan pemberian contoh produk benih hortikultura perusahaan; hubungan masyarakat berupa pameran dan sponsorship mengenai benih hortikultura perusahaan. Variabel bauran promosi yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) benih hortikultura adalah periklanan (X1) dan promosi penjualan (X2), sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan adalah hubungan masyarakat (X3). Variabel bauran promosi yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (Y) benih hortikultura adalah variabel promosi penjualan (X2).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2013/86/051305851 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 23 Jul 2013 09:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 09:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129530 |
Preview |
Text
Lampiran_Skripsi.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Isi_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_BAB_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |