Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Performansi Kualitas Produk Jasa Manufaktur Terhadap Kepuasan Konsumen di CV ASIMAS, Lawang.

Hutomo, GalihPri (2013) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Performansi Kualitas Produk Jasa Manufaktur Terhadap Kepuasan Konsumen di CV ASIMAS, Lawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan manufakturing produk – produk herbal. Selain memproduksi produk dengan merek sendiri, CV ASIMAS juga menawarkan jasa pembuatan produk herbal. ASIMAS merupakan satu – satunya perusahaan yang menyediakan jasa manufakturing produk herbal. Hal ini tentu menjadi peluang untuk ASIMAS dalam mengembangkan bisnis karena tidak memiliki pesaing, namun walaupun demikian ASIMAS harus tetap menaruh perhatian pada kepuasan konsumen dan kualitas produk yang dihasilkan agar konsumen tetap loyal terhadap produk jasa ASIMAS. Kepuasan konsumen dapat terpenuhi bila ASIMAS mampu memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas sesuai dengan harapan konsumen. Menurut Gazperz (2008) Perhatian penuh pada kualitas produk akan memberikan dampak positif pada bisnis melalui biaya produksi dan pendapatan. Menurut Gazperz,2008 Pengukuran performa kualitas akan sangat bermanfaat sebagai langkah positif dalam memacu performa bisnis itu sendiri.Pengukuran performansi kualitas akan memberikan manfaat antara lain: mengidentifikasi permasalahan untuk perbaikan performa bisnis dan informasi tentang status performa bisnis.Pengukuran performansi kualitas ini berorientasi kepada kepuasan konsumen terhadap kualitas produk jasa manufaktur di CV ASIMAS. Pengukuran performa kualitas dilakukan pada tiga tingkat yaitu, tingkat proses, tingkat output dan tingkat income. Variabel – variabel yang berpengaruh terhadap terhadap performansi kualitas produk jasa manufaktur kemudian akan di analisis dengan model logit untuk melihat faktor – faktor yang mempengaruhi performansi kualitas produk jasa manufaktur di CV ASIMAS. Setelah itu hasil analisis logit akan digunakan sebagai masukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap kualitas produk jasa manufakturing CV ASIMAS. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi performansi kualitas produk jasa manufacturing terhadap kepuasan konsumen di CV ASIMAS, (2) Meningkatkan performansi kualitas produk jasa manufaktur di CV ASIMAS. Perumuasan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Faktor – faktor apakah yang mempengaruhi performansi kualitas produk jasa manufaktur terhadap kepuasan konsumen CV ASIMAS (2) Bagaimana performansi kualitas produk jasa manufaktur CV ASIMAS dapat ditingkatkan Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis logit dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempegaruhi performansi kualitas produk jasa manufaktur terhadap kepuasan konsumen secara signifikan adalah variabel estetika, harga, kebijakan pengembalian dan follow up. Variabel yang bernilai positif adalah variabel Harga dan kebijakan pengembalian, sedangkan variabel yang bernilai negatif adalah variabel estetika dan Follow up. Variabel estetika, harga, kebijakan pengembalian dan follow up hendaknya menjadi prioritas utama CV ASIMAS dalam meningkatkan performansi kualitas produk jasa manufakturing karena berpengaruh signifikan dalam kepuasan konsumen terhadap kualitas produk jasa manufakturing CV ASIMAS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/43/051304670
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 May 2013 12:47
Last Modified: 19 Oct 2021 08:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129485
[thumbnail of bab_1_PDF.pdf]
Preview
Text
bab_1_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_5.1_PDF.pdf]
Preview
Text
bab_5.1_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_3_PDF.pdf]
Preview
Text
bab_3_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_2_PDF.pdf]
Preview
Text
bab_2_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_5.2_PDF.pdf]
Preview
Text
bab_5.2_PDF.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_4_PDF.pdf]
Preview
Text
bab_4_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_6_PDF.pdf]
Preview
Text
bab_6_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_PDF.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item