Analisis Relationship Marketing Pada Agribisnis Beras Organik (Studi Kasus Di Mutos (Manajemen Usahatani Organik Seloliman), Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto

Vindari, May (2013) Analisis Relationship Marketing Pada Agribisnis Beras Organik (Studi Kasus Di Mutos (Manajemen Usahatani Organik Seloliman), Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Abad Ke-21, Gaya Hidup Sehat Dengan Slogan “ Back To Nature ” Telah Memunculkan Ketertarikan Masyarakat Terhadap Produk Pangan Organik Khususnya Beras Yang Aman Untuk Dikonsumsi Serta Mempunyai Kandungan Nutrisi Tinggi. Salah Satu Daerah Penghasil Beras Organik Di Jawa Timur Adalah Kabupaten Mojokerto Tepatnya Di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas. Selain Memiliki Potensi Lahan Yang Cocok Untuk Dijadikan Sebagai Lahan Bagi Pengembangan Pertanian Organik, Desa Seloliman Juga Memiliki Lembaga Yang Bergerak Dibidang Pengembangan Dan Pemasaran Produk-Produk Pertanian Organik Terutama Beras Organik Yang Bernama Mutos (Manajemen Usahatani Organik Seloliman). Sebagai Salah Satu Anggota Dalam Rantai Pasok Beras Organik, Mutos Harus Mampu Menjalin Kerjasama Yang Baik Dengan Anggota Rantai Pasok Lainnya Mulai Dari Bagian Hulu ( Upstream ) Hingga Pada Bagian Hilir ( Downstream ). Kerjasama Yang Dimaksud Disini Bukan Hanya Sebatas Hubungan Transaksi Saja Tetapi Lebih Kepada Hubungan Relasi Yang Bersifat Jangka Panjang Dengan Para Mitra Bisnisnya Yang Dikenal Dengan Istilah Relationship Marketing . Relationship Marketing Merupakan Suatu Konsep Yang Menekankan Tentang Pentingnya Memelihara Hubungan Berkelanjutan Dengan Mitra Bisnis. Pentingnya Menjalin Hubungan Baik Jangka Panjang Dengan Para Mitra Bisnis Menjadikan Penelitian Tentang Relationship Marketing Perlu Dilakukan Karena Relationship Marketing Merupakan Salah Satu Strategi Unggulan Bagi Perusahaan Khususnya Mutos Untuk Membangun Dan Memelihara Hubungan Baik Dengan Mitra Bisnis. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah (A) Mendeskripsikan Agribisnis Beras Organik Di Mutos, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, (B) Menganalisis Relationship Marketing Pada Agribisnis Beras Organik Di Mutos, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto Ditinjau Dari Dimensi Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan, Dan (C) Menganalisis Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Pada Agribisnis Beras Organik Pada Mutos, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. i Penelitian Ini Dilakukan Pada Mutos Yang Berlokasikan Di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Responden Dari Penelitian Ini Terdiri Dari Tiga Kelompok Yaitu Mutos, Petani Padi Organikdankelompok Pelanggan Beras Organik. Responden Mutos Ditentukan Dengan Menggunakan Metode Juri Opini Eksekutif, Sedangkan Responden Petani Padi Organik Dan Pelanggan Beras Organik Ditentukan Dengan Menggunakan Metode Purposive Sampling . Penelitian Ini Menggunakan Analisis Deskriptif Dengan Menggunakan Skala Likert . Relationship Marketing Pada Agribisnis Beras Organik Di Mutos Diukur Melalui Empat Dimensi Yaitu Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan. Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Pada Agribisnis Beras Organik Di Mutos Terdiri Dari Level Kooperatif, Koordinatif, Dan Kolaboratif. Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Diketahui Bahwa Sistem Agribisnis Beras Organik Pada Mutos Terdiri Dari Subsistem Hulu, Subsistem Usahatani, Subsistem Pengolahan, Subsistem Pemasaran, Serta Subsistem Penunjang. Relationship Marketing Pada Simpul Penilaian Mutos Terhadap Petani Padi Organik Diperoleh Hasil Tingkat Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan Yang Berada Pada Kategori Sedang Dengan Nilai Pada Masing-Masing Dimensi Adalah 23; 17; 10; 9. Relationship Marketing Pada Simpul Penilaian Petani Padi Organik Terhadap Mutos Diperoleh Hasil Tingkat Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan Yang Berada Pada Kategori Sedang Dengan Nilai Pada Masing-Masing Dimensi Adalah 22,48; 17,67; 6,81; 9,95. Relationship Marketing Pada Simpul Penilaian Mutos Terhadap Pelanggan Beras Organik Diperoleh Hasil Tingkat Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan Yang Berada Pada Kategori Sedang Dengan Nilai Pada Masing-Masing Dimensi Adalah 23; 17; 7; 9. Relationship Marketing Pada Simpul Penilaian Pelanggan Beras Organik Terhadap Mutos Diperoleh Hasil Tingkat Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan Yang Berada Pada Kategori Sedang Dengan Nilai Pada Masing-Masing Dimensi Adalah 21,5; 15; 9,5; 9. Kategori Tingkat Hubungan Tersebut Menunjukkan Bahwa Dalam Menjalin Hubungan Kerjasama Para Pelaku Agribisnis Telah Memiliki Kepercayaan Satu Sama Lain, Memiliki Komitmen Untuk Menjalin Kerjasama Jangka Panjang, Kepuasan Terhadap Kinerja Mitra Bisnis, Dan Cukup Tergantung Terhadap Mitra Bisnisnya. Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Yang Terjalin Antara Pelaku Agribisnis Beras Organik Adalah Pada Level Koordinatif. Pada Level Ini Hubungan Yang Terjalin Antar Pelaku Agribisnis Beras Organik Lebih Dari Sekedar Kegiatan Transaksional Dan Telah Ada Ikatan Yang Lebih Erat. Para Pelaku Cukup Terbuka Dalam Berbagi Informasi D

English Abstract

In The21st Century , A Healthy Lifestylewith Theslogan" Back To Nature" Has Raisedpeoples Interest Inorganicfood Productsespecially Organic Rice Thatsafefor Consumptionand Hashighernutrient Content . One Oforganicriceproducing Areasineast Javais In Themojokertoprecisely In The Seloliman Village , Trawas Sub-Distric . In Addition To Havingthe Potentiallandsuitable To Serveas Aground Forthe Development Oforganic Farming , The Villagehasalsoselolimaninstitutionsengaged In Thedevelopmentandmarketing Oforganicagricultural Products , Especially Organic Ricewhich Iscalledmutos (Manajemen Usahatani Organik Seloliman). As One Member Of The Supply Chain Of Organic Rice, Mutos Must Be Able To Establish A Good Cooperation With Other Members Of The Supply Chain From The Upstream To The Downstream. The Cooperation Is Not Only Limited On Transaction Relationships But More To The Relationships That Are Long-Term Relationships With Business Partners Who Are Known As Relationship Marketing. Relationship Marketing Is A Concept That Emphasizes The Importance Of Maintaining Ongoing Relationships With Business Partners. The Importance Of Good Long-Term Relationships With Business Partners Make On Relationship Marketing Research Needs To Be Done Because Of Relationship Marketing Is One Of The Leading Strategy For The Company Especially Mutos To Build And Keep A Good Relationship With Tis Partners. The Purposes Of This Study Are (A) To Describe Organic Rice Agribusiness System In Mutos, Seloliman Village, Trawas Sub-District, Mojokerto, (B) To Analyze The Relationship Marketing Of Organic Rice Agribusiness In Mutos, Seloliman Village, Trawas Sub-District, Mojokerto In Terms Of Dimensions Of Trust, Commitment, Satisfaction, And Dependence, And (C) To Analyze The Level Of Relationship Marketing Attachment Of Agribusiness Organic Rice In Mutos, Seloliman Village, Trawas Sub-District, Mojokerto. The Research Was Conducted On Mutos That Located In Seloliman Village, Trawas Sub-District, Mojokerto. Respondents Of This Study Consisted Of Three Groups: Mutos, Organic Rice Farmers And Organic Rice Customers. Respondents Mutos Determined By Using The Jury Opinion Executive Method, While Respondents Organic Rice Farmers And Organic Rice Customers Are Determined By Purposive Sampling Method. This Study Uses A Descriptive Analysis Using A Likert Scale. Relationship Marketing Of Organic Rice Agribusiness In Mutos Measured By Four Dimensions: Trust, Commitment, Satisfaction, And Dependence. The Level Of Relationship Marketing Attachment Of Organic Rice Agribusiness In Mutos Consists Of Level Cooperative, Coordinative, And Collaborative.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/318/051311724
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2013 13:41
Last Modified: 19 Oct 2021 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129436
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item