Pengaruh Atmospherics Stimuli terhadap Minat Beli Konsumen Buah-buahan (Studi Kasus di Istana Buah Blimbing, Malang).

Sagala, ElizabethMarito (2013) Pengaruh Atmospherics Stimuli terhadap Minat Beli Konsumen Buah-buahan (Studi Kasus di Istana Buah Blimbing, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan meningkatnya jumlah bisnis retail, dunia bisnis retail dihadapkan pada persaingan yang semakin ketat. Persaingan ini menjadi suatu ancaman bagi bisnis retail. Terlebih lagi pada retail buah-buahan, hal ini merupakan ancaman yang besar mengingat produk yang dijual merupakan produk yang bersifat mudah rusak/busuk dan tidak tahan lama, maka produk buah-buahan tersebut harus segera dijual. Menghadapi hal tersebut, pengusaha retail bersaing untuk menarik berbagai konsumen dengan berbagai strategi pemasaran, salah satunya dalah dengan mengendalikan situasi pembelian konsumen. Situasi pembelian tersebut dimodifikasi untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong minat beli konsumen melalui komponen atmospherics stimuli. Atmospherics merupakan suatu alat atau stimuli pemasaran yang dapat diberikan untuk merangsang emosi konsumen yang dapat mempengaruhi minat pembelian konsumen. Atmospherics stimuli merupakan suatu bentuk komunikasi secara tidak langsung yang berguna untuk menciptakan ketertarikan konsumen yang dapat meningkatkan minat beli konsumen untuk menggunakan atau membeli produk yang dijual. Variabel atmospherics stimuli meliputi eksterior (X1), interior (X2), bentuk dan tata ruang (X3), titik pembelian dan dekorasi (X4), serta manusia (X5). Komponen atmospherics stimuli merupakan salah satu faktor pendukung untuk mendorong minat beli konsumen dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan di Istana Buah. Berdasarkan uraian tersebut, dapat dirumuskan beberapa pertanyaan penelitian, yaitu (1) Bagaimana pengaruh komponen atmospherics stimuli yang terdiri dari eksterior, interior, bentuk dan tata ruang, titik pembelian dan dekorasi serta manusia secara simultan terhadap minat beli konsumen di Istana Buah Blimbing, Malang?; (2) Bagaimana pengaruh komponen atmospherics stimuli yang terdiri dari eksterior, interior, bentuk dan tata ruang, titik pembelian dan dekorasi serta manusia secara parsial terhadap minat beli konsumen di Istana Buah Blimbing, Malang? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pengaruh komponen atmospherics stimuli yang terdiri dari eksterior, interior, bentuk dan tata ruang, titik pembelian dan dekorasi serta manusia secara simultan terhadap minat beli konsumen di Istana Buah Blimbing, Malang; (2) Mengetahui pengaruh komponen atmospherics stimuli yang terdiri dari eksterior, interior, bentuk dan tata ruang, titik pembelian dan dekorasi serta manusia secara parsial terhadap minat beli konsumen di Istana Buah Blimbing, Malang. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif comprehensive untuk menggambarkan komponen atmospherics stimuli dan karakteristik konsumen di Istana Buah Blimbing, Malang. Penelitian ini juga menggunakan analisis kuantitatif, yaitu menggunankan analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komponen atmospherics stimuli terhadap minat beli konsumen secara simultan menggunakan uji F dan juga secara parsial menggunakan uji t. Berdasarkan analisis regresi berganda, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa komponen atmospherics stimuli secara serempak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara parsial, variabel manusia (X5) secara signifikan berpengaruh terhadap minat beli konsumen, sedangkan variabel eksterior (X1), interior (X2), bentuk dan tata ruang (X3), serta titik pembelian dan dekorasi (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Oleh karena itu, pihak Istana Buah sebaiknya lebih meningkatkan lagi komponen manusia yang terdiri dari keramahan pegawai, searagam pegawai, tingkat keramaian, dan ketanggapan pegawai karena berdasarkan hasil penelitian dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap minat beli konsumen.

English Abstract

As well as the growing number of retail business, the world of retail business face the more competitive atmosphere. Competition to provide the best to the consumers has put consumers as decision makers. Facing this, retail employers compete to attract a variety of customers with different marketing strategies, one of which is controling the situation with consumer purchases. Purchase situation is modified to attract the attention of consumers and encourage consumers to buy through atmospherics component stimuli. Atmospherics stimuli is a marketing tool or stimuli that can be given to stimulate consumer emotions that may affect the interests of consumer purchases. Atmospherics stimuli is a form of indirect communication that is useful for creating consumer interest can increase consumer purchase intention for the use or purchase of products sold. The variables of atmospherics stimuli include exterior (X1), interior (X2), design and layout (X3), point of purchase and decoration (X4), and humans (X5). Atmospherics component stimuli is one of the contributing factors to encourage consumers to buy and will ultimately increase sales in the Istana Buah. Based on these descriptions, can be formulated several research questions, namely (1) How do the components of atmospherics stimuli consisting of exterior, interior, shape and spatial layout, point of purchase and decoration as well as humans simultaneously on consumer purchase intention in Istana Buah Blimbing, Malang? , (2) How do the components of atmospherics stimuli consisting of exterior, interior, shape and spatial layout, point of purchase and decoration as well as humans partially on consumer purchase intention in Istana Buah Blimbing, Malang? The purpose of this study was to (1) know the influence of atmospherics component stimuli consisting of exterior, interior, Design and layout, point of purchase and decoration as well as humans simultaneously on consumer purchase intention in Istana Buah Blimbing, Malang, (2) know the influence of atmospherics component stimuli consisting exterior, interior, Design and layout, point of purchase and decoration as well as humans partially on consumer purchase intention in Istana Buah Blimbing, Malang,. Sampling method used in this study is probability sampling using accidental sampling technique with the number of respondents is 30. The method used is comprehensive descriptive analysis to describe the components of atmospherics stimuli and consumer characteristics in Istana Buah Blimbing, Malang,. This study also used quantitative analysis, which is multiple regression analysis to analyze the influence of atmospherics stimuli towards the consumer purchase interest simultaneously using the F test and also partially using the t test. Based on multiple regression analysis, the obtained results indicate that the components of atmospherics stimuli simultaneously significantly influence the consumer purchase intention. Partially, human variable (X5) significantly influences consumer purchase intention, while the exterior variable (X1), interior (X2), design and layout (X3) and point of purchase and decoration variables (X4) do not significantly influence consumer purchase intention . Therefore, the manager of Istana Buah is recommended to increase the human component which consist of the characteristic of employee, employee’s uniform, crowding, and also the employee’s as well as for the analysis of human shows a significant positive effect on consumer purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/121/051307095
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Nov 2013 11:01
Last Modified: 19 Oct 2021 16:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129234
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_1.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_2.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_dkk_fix.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_dkk_fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_JUDUL.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item