Estimasi Food Loss Pada Komoditas Selada Krop (Lactuca Sativa L.)

Hidayati, Lulu Ani (2018) Estimasi Food Loss Pada Komoditas Selada Krop (Lactuca Sativa L.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Food loss telah menjadi isu global yang membutuhkan perhatian lebih. Food loss telah menjadi permasalahan di negara berkembang, namun belum menjadi perhatian terutama di Indonesia. Penanganan food loss pada tahap panen dan pasca panen belum sepenuhnya teratasi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui estimasi food loss pada saluran pemasaran selada krop secara tradisional dan modern, serta mengetahui penerapan Good Agricultural Practices pada saluran pemasaran selada krop secara tradisional dan modern. Penelitian pada dua jenis saluran pemasaran bertujuan untuk membandingkan tingkat food loss dan GAP. Selada krop dipilih karena merupakan komoditas yang mudah rusak serta tidak semua pasar dapat memasarkan komoditas ini sehingga membuat harganya mahal. Estimasi food loss dilakukan dengan cara bertanya langsung kepada responden yang memiliki data food loss dan dengan cara menimbang loss yang sudah ada dalam pergerakan komoditas. yakni Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu. Lokasi ditentukan secara sengaja mengikuti aliran komoditas. Sampel penelitian merupakan semua pelaku yang terdapat pada saluran pemasaran tradisional dan modern. Responden ditentukan dengan non probability sampling technique dengan metode snowball. teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi dan independent sample t-test, crosstab menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara food loss dan GAP yang bersifat negatif, selain itu terdapat perbedaan food loss dan GAP antara saluran pemasaran tradisional dan modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat food loss pada saluran pemasaran selada krop secara tradisional lebih tinggi daripada modern, hal ini dikarenakan tingkat penerapan GAP yang lebih rendah. Namun ketika dilakukan perbandingan menggunakan independent sample t-test, hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pada tingkat food loss dan food loss value antara rantai tradisional dan modern, namun terdapat perbedaan pada tingkat penerapan GAP yang mana lebih bagus penerapannya pada saluran pemasaran modern. GAP memiliki pengaruh negatif terhadap food loss yang berarti jika GAP tinggi maka food loss semakin rendah, hal ini dapat dilihat pada model regresi yang menyebutkan bahwa setiap kenaikan GAP sebesar 1%, maka akan menurunkan Food loss sebesar 0,300%.

English Abstract

Food loss has become a global issue that requires more attention. Food loss has become a problem in developing countries, but has not been a concern especially in Indonesia. Handling food loss at the harvest and post-harvest stages has not been fully overcome. Therefore, this study was conducted to determine the estimation of food loss in head lettuce’s traditional and modern marketing channels, as well as knowing the application of Good Agricultural Practices in head lettuce’s traditional and modern marketing channels. Compare food loss and GAP levels. Head lettuce is chosen because it is a perishable commodity and not all markets can sell this commodity, so it makes the price exspemsive.. Food loss estimation is collected by asking the respondent directly who has food loss data and by weighing the loss that already exists in the commodity movement. This research was conducted in Malang Regency, Malang City, and Batu City. Locations are determined intentionally to follow the flow of commodities. Respondents are determined by a non-probability sampling technique with the snowball method. The data analysis technique in this research are regression analysis and independent sample t-test used Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The hypothesis of this study is that there is a negative relationship between food loss and GAP, besides that there are food loss and GAP differences between traditional and modern marketing channels. The results showed that the level of food loss on traditional lettuce marketing channels was higher than modern, this was due to the lower level of application of GAP. But when a comparison was made using an independent sample t-test, the results showed that there were no differences in the level of food loss and food loss values between traditional and modern chains, but there were differences in the level of application of GAP which was better applied in modern marketing channels. GAP has a negative effect on food loss which means that if the GAP is high, the food loss will be lower, this can be seen in the regression model which states that every increase in GAP is 1%, it will reduce Food loss by 0.300%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/658/051809993
Uncontrolled Keywords: Food Loss, Industri dan perdagangan makanan, suplai makanan, Selada krop
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs > 363.19 Product hazards > 363.192 Foods
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:03
Last Modified: 20 Oct 2021 10:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12865
[thumbnail of LULU ANI HIDAYATI.pdf]
Preview
Text
LULU ANI HIDAYATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item