Studi Kadar Mda (Malondialdehida) Dan Bilirubin Total Pada Tikus (Rattus Novergicus) Model Hepatik Steatosis Hasil Induksi Ccl4 Dengan Terapi Ekstrak Kapulaga Hijau (Elettaria Cardamomum)

Cindyasputri, NandaAyu (2017) Studi Kadar Mda (Malondialdehida) Dan Bilirubin Total Pada Tikus (Rattus Novergicus) Model Hepatik Steatosis Hasil Induksi Ccl4 Dengan Terapi Ekstrak Kapulaga Hijau (Elettaria Cardamomum). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hepatik steatosis merupakan tipe kerusakan hepar dimana terdapat manifestasi akumulasi trigliserida di dalam sitosol hepatosit. Salah satu senyawa yang dapat menyebabkan hepatik steatosis adalah induksi CCl4 dengan dosis tinggi. Ekstrak kapulaga hijau (Elettaria cardamomum) memiliki kandungan senyawa flavonoid dan polifenol yang berperan sebagai antioksidan berupa aktivitas superoxide radical scavenging yang tinggi dalam menghambat peroksidasi lipid, sehingga dapat menurunkan perubahan perlemakan hepar (fatty liver changes). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh terapi ekstrak kapulaga hijau terhadap penurunan kadar malondialdehida (MDA) dan bilirubin total pada tikus model hepatik steatosis. Tikus model hepatik steatosis diinduksi dengan CCl4 secara intraperitoneal dengan dosis 1,25 ml/kgBB diberikan sekali selama percobaan dan diterapi dengan ekstrak kapulaga hijau secara per oral selama 14 hari. Penelitian ini menggunakan lima kelompok perlakuan yaitu kelompok 1 adalah kontrol negatif, kelompok 2 kontrol positif dan kelompok 3, 4 dan 5 adalah kelompok terapi dengan dosis 200 mg/kgBB, 400 mg/kgBB dan 600 mg/kgBB. Parameter yang diamati adalah kadar malondialdehida (MDA) yang diukur menggunakan metode Thiobarbituric Acid (TBA) dan kadar bilirubin total yang diukur menggunakan metode spektrofotometri, masing-masing dianalisa secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga hijau dapat menurunkan kadar MDA hepar dan bilirubin total secara signifikan (p<0,05) pada tikus dengan dosis terapi 600 mg/kgBB, sedangkan pada dosis 200 mg/kgBB dan 400 mg/kgBB tidak memberikan pengaruh yang signifikan (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak kapulaga hijau dapat digunakan sebagai terapi herbal pada tikus model hepatik steatosis pada dosis 600 mg/kgBB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/21/051702028
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Mar 2017 14:15
Last Modified: 20 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127266
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB_2_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JUDUL_DKK.pdf]
Preview
Text
JUDUL_DKK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB_1_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3_KERANGKA_KONSEPTUAL_DAN_HIPOTESIS_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB_3_KERANGKA_KONSEPTUAL_DAN_HIPOTESIS_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4_METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB_4_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB_5_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf]
Preview
Text
BAB_6_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item