Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan bahasa anak prasekolah usia 3-5 tahun di PAUD kasih bunda RW XI kelurahan kota lama kecamatan kedung kandang kota malang.

Sulaiman, SoniaWulandari (2016) Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan bahasa anak prasekolah usia 3-5 tahun di PAUD kasih bunda RW XI kelurahan kota lama kecamatan kedung kandang kota malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor genetik, faktor lingkungan (biologis,faktor fisik, faktor psikososial, keluarga dan adat istiadat). Pola asuh merupakan salah satu faktor dari keluarga dan adat istiadat yang mempengaruhi dari perkembangan anak. Perkembangan pada anak meliputi empat macam, yaitu motorik kasar, motorik halus, personal social dan bahasa. Kemampuan berbahasa merupakan indikator seluruh perkembangan anak, karena kemampuan berbahasa sensitif terhadap keterlambatan atau kelainan pada system lainnya, seperti kognitif,sensorimotor, psikologis, emosi, dan lingkungan disekitar anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah Usia 3-5 tahun di PAUD Kasih Bunda Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Desain yang digunakan pada penelitian ini analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional dan uji statistic menggunakan likelihood ratio. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai bulan September 2016. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 64 responden. Variabel independen yaitu pola asuh orangtua dan variabel dependen yaitu perkembangan bahasa anak prasekolah yang diukur menggunakan kuesioner dan DDST (Denver Development Screening Test). Pada penelitian ini didapatkan p=0,000 (<0,05) dan nilai r =0,290 yang menunjukan bahwa ada hubungan yang lemah antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak.

English Abstract

Children growth and development are influenced by several factors involving genetic factors, environmental factors (biologic, physical, psychosocial, family and custom). A caring pattern is one of factors from family and customs affecting to the children development. Children experience four types of development consisting of rough motoric skills, soft motoric skills, social personal, and language. Language abilities are indicators for the whole children development since it is sensitive to the late blooming or disorders on the other systems such as cognitive, sensorimotor, psychology, emotion, and children environment. This research aimed to analyze the relationship between the parents’ caring patterns and the language development of pre-school children in the age of 3 to 5 at PAUD Kasih Bunda in Kota Lama, Kedung Kandang, Kota Malang. The research employed an analytic observational design with a cross-sectional approach and a statistical test using likelihood ratio. The research was conducted in September to October 2016. Research samples were 64 respondents selected using purposive sampling. An independent variable of the research was the parents’ caring pattern and the dependent variable was the language development of pre-school children measured using questionnaires and DDTS (Denver Development Screening Test). Results of the research showed that p= 0,000 (<0,05) and r value =0,290. It means that there is a low relationship between the parents’ caring pattern and the children development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/763/051700327
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 13 Feb 2017 11:22
Last Modified: 19 Oct 2021 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126474
[thumbnail of 2._COVER_i.pdf]
Preview
Text
2._COVER_i.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15.BAB_2.pdf]
Preview
Text
15.BAB_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9.__DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
9.__DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 16.BAB_3.pdf]
Preview
Text
16.BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14._BAB_1.pdf]
Preview
Text
14._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._ABSTRAK_SONIA_WULANDARI_135070607111017.pdf]
Preview
Text
7._ABSTRAK_SONIA_WULANDARI_135070607111017.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 17.BAB_4.pdf]
Preview
Text
17.BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 18.BAB_5_.pdf]
Preview
Text
18.BAB_5_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 21.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
21.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 19.BAB_6.pdf]
Preview
Text
19.BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 22.LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
22.LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of MAJALAH_SONIA_WULANDARI_SULAIMAN_135070607111017_.pdf]
Preview
Text
MAJALAH_SONIA_WULANDARI_SULAIMAN_135070607111017_.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item