Aini, Nur (2016) Hubungan Status Gizi (IMT) Terhadap Tingkat Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 5-7 Tahun Di Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kualitas anak masa kini merupakan penentu kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang, dimana periode prasekolah merupakan masa penting dalam proses tumbuh kembangnya. Pada periode ini, kekurangan asupan nutrisi dan gizi buruk akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi (IMT/U) terhadap tingkat perkembangan kognitif anak usia 5-7 tahun di Kota Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian dilakukan di TK Kelurahan Mandaranrejo dan Kelurahan Gentong Kota Pasuruan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anak prasekolah usia 5-7 tahun sebanyak 146 responden. Teknik pengambilan data menggunakan pengukuran berat badan dan tinggi badan dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan secara statistik signifikan antara status gizi dengan perkembangan kognitif anak usia 5-7 tahun dengan nilai signifikansi p = 0,000 (0,000<0.05). Kesimpulan penelitian ini adalah adanya hubungan antara status gizi dengan perkembangan kognitif anak usia 5-7 tahun. Dari hasil penelitian ini disarankan pada ibu untuk lebih memperhatikan status gizi anak untuk mencapai perkembangan kognitif yang optimal.
English Abstract
Nowadays children quality is a determinant of future human resources quality. Children’s preschool period is a crucial period in the process of its growth and development. In this period, nutrition deficiency and poor nutrition affect children cognitive development. This study analyze correlation between nutritional status (BMI) on cognitive development in children aged 5-7 years in Pasuruan. The study design was an observational analytic using a crosssectional approach, that was done in Mandaranrejo and Gentong villages, Pasuruan. All samples (146 respondents) were preschool children aged 5-7 years old, which was taken by purposive random sampling method. Nutrition status was determined by weight & height measurement, while cognitive levels were measured by questionnaire. Data collected were tested by Spearman Rank correlation test, and a positive association was proved by a significant value, p = 0,000. As a conclusion, this result showed that nutritional status was influenced cognitive development in children aged 5-7 years old. Therefore, it is strongly recomended that mothers need to keep their children nutritional status to ensure the best cognitive development for their children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/730/051700220 |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 09:00 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126437 |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_VII.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_1-6.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_7.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_8.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN_9-16.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
MAJALAH_NUR_AINI_135070601111012.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK_NUR_AINI_135070601111012.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |