Penelitian Kualitatif: Pola Makan Bahan Makanan Sumber Lemak Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pada Wanita Usia Subur Di Wilayah Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Habsari, TamidaAdila (2016) Penelitian Kualitatif: Pola Makan Bahan Makanan Sumber Lemak Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pada Wanita Usia Subur Di Wilayah Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola makan bahan makanan sumber lemak dan faktor-faktor yang mempengaruhi pada kelompok wanita usia subur di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Informan penelitian adalah wanita usia subur di wilayah Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang (n = 10). Pola Makan meliputi jenis, frekuensi dan cara pengolahan. Jenis bahan makanan sumber lemak yang paling sering dikonsumsi adalah ayam dan jerohannya, daging sapi, gajih, bakso, gorengan, kacang-kacangan dan ikan-ikanan dengan frekuensi sering, jarang, setiap hari dan lain-lain. Dan cara pengolahan yang paling sering dilakukan adalah dengan cara digoreng. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi dibedakan menjadi 2, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu yaitu kesukaan, selera makan dan ketersediaan waktu. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar, diantaranya adalah ketersediaan bahan, pengaruh keluarga, kegiatan masyarakat, kepercayaan dan daya beli.

English Abstract

This research is intended to knowing the pattern of consumptions of food sources of fat and its affecting factors on the women of reproductive age at Kedungkandang sub-district, Malang City. The metode that been used was qualitative research metode and the subject is the women of reproductive age at Kedungkandang sub-district, Malang City. Food pattern is including kind of the food, frequency, and the ways of processing. The kinds of food that often being consumed are chicken and its intestines, meat and its fat, meatball, fried food, peanuts and fish with the frequency of its consuming are often, rarely, every day and else. And the ways of processing that often be used is frying. The factors are dividing into two kind. Internal factors are about something from inside a person individualism, there are liking, appetite and time’s availability. External factors are about something are coming from outside someone’s. There can be from ingredients availability, influence from family, community events, beliefs and purchasing power.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/591/ 051610635
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Oct 2016 10:43
Last Modified: 24 Nov 2023 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126301
[thumbnail of Tamida Adila Habsari.pdf] Text
Tamida Adila Habsari.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item