Survei Tingkat Kepuasan Pasien Dan Tingkat Kepentingan Alat Saji Di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Kota Malang

Wijayanti, DiniRizky (2016) Survei Tingkat Kepuasan Pasien Dan Tingkat Kepentingan Alat Saji Di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cara penyajian merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam cara penyajian adalah alat saji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dan tingkat kepentingan alat saji di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Kota Malang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2015 sampai dengan 11 Januari 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap kelengkapan alat saji, kebersihan alat saji, kondisi alat saji, keamanan alat saji, jenis piring saji adalah tinggi (dengan nilai 84%;85%;86%;85%;85%). Dan tingkat kepentingan terhadap kelengkapan alat saji, kebersihan alat saji, kondisi alat saji, keamanan alat saji, jenis piring saji adalah tinggi (dengan nilai 87%;90%;88%;87%;85%). Berdasarkan analisa diagram kartesius indikator jenis piring saji dan kelengkapan alat saji terletak pada kuadran tiga. Sedangkan kebersihan, kondisi, dan keamanan alat saji terletak pada kuadran dua. Strategi peningkatan mutu dapat dilihat menggunakan diagram kartesius yaitu mempertahankan indikator yang terletak pada kuadran dua dan memperbaiki kinerja indikator yang terletak pada kuadran tiga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepuasan pasien dan kepentingan alat saji tergolong tinggi pada semua indikator.

English Abstract

The way of food presentation is a factor that can affect the patient’s satisfaction. One thing to note in the way of presentation is serving tools. The purpose of this research was to analysis the level of patient’s satisfaction and the importance of serving tools in Panti Waluya Sawahan Hospital, Malang. The research was carried out on December 7, 2015 until January 11, 2016. This research was quantitative research used cross sectional design. The results showed that the level of patien’s satisfaction towards completeness of serving tools, cleanliness condition, condition of serving tools, safety of serving tools, types of food serving plate was high (with a value of 84%; 88%; 86%; 88%; 86%). The level of importance towards completeness of serving tools, cleanliness condition, condition of serving tools, safety serving tools, types of food serving plate was high (with a value of 87%; 90%; 88%; 87%; 85%). Based on the analysis of Cartesian diagram, type of serving and serving tools completeness laid in third quadrant. As for cleanliness, condition, and safety serving tools lies in second quadrant. Strategies of quality improvement can be seen using a Cartesian diagram, i.e. maintain the indicator located in the second quadrant and improve performance indicators are located in the third quadrant. Conclusion of this research is patient’s satisfaction and importance of serving tools high on all indicators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/588/ 051610632
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Oct 2016 13:50
Last Modified: 20 Oct 2016 13:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126297
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item