Hartiwi, DwiyantiCaesarria (2016) Hubungan Variasi Menu Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keberhasilan yang diperoleh suatu layanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanannya sangat berhubungan dengan kepuasan pasien. Bentuk pelayanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien adalah pelayanan gizi. Variasi menu merupakan faktor internal yang mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis secara univariat dan bivariat. Dengan besar sampel 90 responden dan variasi menu yang diteliti meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan snack. Sedangkan untuk penilaian kepuasan menggunakan skala likert dengan 5 skala yaitu sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas, sangat tidak puas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan menu makanan yang diterima meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan snack sudah bervariasi. Kepuasan pasien terhadap variasi menu termasuk dalam kategori “puas”. Berdasarkan uji korelasi Spearman terdapat hubungan antara variasi menu terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang (makanan pokok p = 0,002, lauk pauk p = 0,000, sayuran p = 0,000, dan kudapan p = 0,001). Harapannya hasil penelitian ini pihak rumah sakit mampu menjadikan bahan tinjauan di bidang gizi khususnya tentang hubungan variasi menu terhadap mutu pelayanan kesehatan.
English Abstract
The successful a health service improving the quality of service is highly correlated with patient satisfaction. The type of services that affect patient’s satisfaction rate is nutrition services. Variations menu are the internal factors that influence patient’s satisfaction The study aimed to know the correlation between menu variations and patient satisfaction of inpatient in Lawang Hospital Malang. The method of this study was cross sectional design and used a questionnaire. With a sample size of 90 respondents with menu varians researched including rice , side dishes , vegetables and snack . As for the assessment of satisfaction using a Likert scale with 5 scales are very satisfied, satisfied, fairly satisfied, dissatisfied, and very dissatisfied. The result showed that most of respondents said the menu includes rice, side dishes, vegetables, and snack was classified as varied. Based on the Spearman correlation test, there was correlation between menu variations and patients satisfaction in Lawang Hospital Malang was classified as “satisfied” (rice p = 0,002, side dishes p = 0,000, vegetables p = 0,000, and snack p = 0,001). Based on this research results, the hospital able to make reviews for nutrition departement, especially of the correlation between menu variations and health service quality.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/556/ 051607895 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 08:55 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 08:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |