Ifrada, RizkaAyuRifdah (2016) Hubungan Sikap Petugas Penyaji Makanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Ii Dan Kelas Iii Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan adalah semua upaya yang dilakukan karyawan untuk memenuhi keinginan pelanggannya dengan jasa yang akan diberikan. Kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh pelayanan dari Rumah Sakit yang diberikan, salah satunya adalah sikap petugas penyaji makanan. Oleh karena itu , perlu adanya penelitian yang dapat menunjang untuk mengevaluasi pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap petugas penyaji makanan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas 2 dan kelas 3 di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini menggunakan metode observational analisis dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan kuesioner untuk mengetahui penilaian pasien terhadap sikap petugas penyaji makanan dan kepuasan pasien. Hasil dari penelitian ini adalah responden menilai sikap petugas baik sebesar 58%, sedang 41% dan buruk 1%. Sedangkan untuk penilaian kepuasan responden merasa puas sebesar 50%, cukup puas sebesar 48% dan 2% merasa tidak puas. Analisa data menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan antara sikap petugas penyaji makanan dengan kepuasan pasien rawat inap (p=0,00).
English Abstract
Services are all the efforts of employees to meet the desires of its customers with the services to be provided. Patients’ satisfaction is strongly influenced by the services thats Hospital provided, one of them is the attitude of waitress. Therefore, the research that can support to evaluate hospital services is needed. This study aimed to determine the correlation of waitress’ attitude with patient’s satisfaction at Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang. This research used observational method with cross sectional analysis using a questionnaire to determine patient’s assessment toward waitress’ attitude and patients satisfaction. The results of this study were respondents assess the attitude of waitress by 58%, 41% was moerate and 1% was bad. As for the satisfaction ratings of respondents were satisfied by 50%, is quite satisfied by 48% and 2% were dissatisfied.Data were analyzed using Spearman correlation test. The results showed that there is correlation between the attitude of food distributors with patients satisfaction (p = 0.00).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/547/ 051607886 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 14:55 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 14:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |