Pengaruh Proporsi Biji Nangka Dan Kulit Pisang Pada Pembuatan “Minuman Sari Nabati” Terhadap Kadar Protein, Kalsium, Dan Mutu Organoleptik

Nurmala, Rahmayanti (2016) Pengaruh Proporsi Biji Nangka Dan Kulit Pisang Pada Pembuatan “Minuman Sari Nabati” Terhadap Kadar Protein, Kalsium, Dan Mutu Organoleptik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Biji nangka adalah limbah buangan dari buah nangka yang memiliki kadar protein tinggi dan kulit pisang adalah limbah buangan dari buah pisang yang memiliki kadar kalsium yang tinggi. Biji nangka dan kulit pisang ini dapat diolah menjadi produk minuman sari nabati yang mengandung protein dan kalsium tinggi. Minuman sari nabati merupakan campuran dari biji nangka dan kulit pisang yang dihancurkan dan diambil hanya sarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan gizi dan mutu organoleptik minuman sari nabati berbahan biji nangka dan kulit pisang pada berbagai proporsi. Penelitian ini terdiri dari 5 perlakuan dengan proporsi yang berbeda, yaitu P1 (70% biji nangka dan 30%Kulit Pisang), P2 (60% biji nangka dan 40% kulit pisang), P3 (50% biji nangka dan 50% kulit pisang), P4 (40% biji nangka dan 60% kulit pisang), dan P5 (30% biji nangka dan 70% kulit pisang). Selanjutnya sampel dari setiap taraf perlakuan minuman sari nabati diuji kandungan gizi (protein dan kalsium) dan mutu organoleptik (warna, aroma, tekstur, dan rasa). Hasil penelitian pada setiap perlakuan menunjukan tidak ada perbedaan yang nyata pada kandungan protein (p=0,10), kandungan kalsium (p=0,14), mutu organoleptik warna (p=0.53), aroma (p=0.94), dan rasa (p=0,43). Tetapi memberikan pengaruh yang nyata pada mutu organoleptik tekstur (p=0,03). Daya terima terbaik (mutu organoletik) dan taraf perlakuan terbaik (kandungan gizi dan mutu organoleptik) terdapat pada P3 (50% biji nangka dan 50% kulit pisang). Kesimpulannya tidak terdapat perbedaan yang nyata pada semua variabel, kecuali pada mutu organoleptik tekstur.

English Abstract

Jackfruit seeds are effluent from jackfruits which have a high protein content. Banana peels is the waste of banana which have a high calcium content. Jackfruit seeds and banana peels can be processed into vegetable beverage products which contain high protein and calcium. Vegetable beverage is a mixture of jackfruit seeds and banana peels. This research is aimed to determine the nutrient content and the organoleptic quality of vegetable beverage which made from jackfruit seeds and banana peels in different proportions. This research used five treatments with different proportions, they were P1 (70% jackfruit seeds and 30% banana peels), P2 (60% jackfruit seeds and 40% banana peels), P3 (50% jackfruit seeds and 50% banana peels), P4 (40% seed jackfruit and 60% banana peels), and P5 (30% jackfruit seeds and 70% banana peels). Samples of vegetable beverage at every level of treatment tested for nutritional content (protein and calcium) and organoleptic quality (color, aroma, texture, and taste). The results of study in all treatments showed that no significant difference in protein content (p=0,10), calcium (p=0,14), the organoleptic quality of color (p=0,53), aroma (p=0,94) and taste (p=0,43). But organoleptic quality of the texture had significant difference (p=0,03). The best receptivity (organoleptic quality) and level treatment (nutrients content and organoleptic quality) was P3 (50% jackfruit seeds dan 50% banana peels). In conclusion there are no significant difference in all variables, except on the organoleptic quality of the texture.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/519/ 051607745
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 22 Aug 2016 09:39
Last Modified: 22 Aug 2016 09:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126221
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item