Hubungan Penampilan Makanan Biasa Dengan Sisa Makanan Pasien Di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang

Kinanti, IntanRakhma (2016) Hubungan Penampilan Makanan Biasa Dengan Sisa Makanan Pasien Di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penampilan makanan adalah salah satu indikator penilaian seseorang terhadap makanan yang disajikan dan faktor yang mempengaruhi nafsu makan. Nafsu makan pasien yang baik dapat meminimalisir sisa makanan pasien di rumah sakit dan meningkatkan asupan gizi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penampilan makanan yang disajikan dengan sisa makanan pasien di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling. Data diperoleh dari 92 pasien, yang dirawat di kelas 2 dan 3, pada waktu makan siang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penampilan makanan biasa yang disajikan masuk dalam kategori menarik dan sisa makanan pasien berada dalam standar PGRS 2013. Hasil analisis menggunakan Spearman dengan α=0,05 yaitu, tidak terdapat hubungan antara penampilan makanan yang disajikan dengan sisa makanan pasien pada makan siang baik sayur (p=0,621), lauk nabati (p=0,337), maupun lauk hewani (p=0,891). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi sisa makanan pasien selain penampilan makanan. Saran dari penelitian ini adalah memperbaiki penampilan makanan dari segi garnish dan menambah variasi menu, serta melakukan penelitian lebih lanjut dengan metode kualitatif untuk menggali alasan pasien tidak menghabiskan makanan yang disajikan. Kata kunci : pen

English Abstract

Food appearances is one of the judgment indicators for the dishes laid out and a determining factor of meals appetite. Patients who have a good appetite tend to produce a minimal foodwaste and increasing nutritional intake. The purpose of this study is to find out the correlation food appearances to patient’s food waste in Islamic Hospital of Gondanglegi Malang. This study was conducted using cross sectional approach and stratified random sampling. Data were obtained from 92 patient, who were hospitalized in second and third facility, at lunch time. The results showed that the food appearances are attractive and patients food waste are in minimum standard of PGRS 2013. The result from the analysis using Spearman α=0.05, which is there was no significant correlation between food appearaces to patients food waste during lunch time for vegetables (p=0,621); vegetables protein (p=0,337) and animal protein (p=0,891).The conclusion of this study is there are other factors influencing patients food waste. Suggestions that can be given are to improve the food appearance especially the garnish and menu modification, and to conduct further study using qualitative method to cover the reason of patient leaving their meals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/500/ 051607396
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Aug 2016 10:30
Last Modified: 24 Aug 2016 10:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126201
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item