Rahayu, HerwindaKusuma (2016) Hubungan Besar Porsi Makanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Panti Waluya Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tuntutan pasien terhadap pelayanan berkualitas bukan hanya dikaitkan dengan kesembuhan dari penyakit, tetapi juga menyangkut kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan pasien di rumah sakit. Komponen dalam kepuasan pasien salah satunya adalah besar porsi makanan. Kepuasan pasien terhadap porsi berkaitan dengan asupan makanan pasien. Asupan makanan yang tidak adekuat yang berlangsung lama akan mengakibatkan malnutrisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan besar porsi makanan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Panti Waluya Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 83 orang. Data dikumpulkan dengan Stratified random sampling menggunakan kuesioner tervalidasi. Analisis data menggunakan uji korelasi Somers’d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien mengkategorikan “sedang” pada besar porsi makanan. Kepuasan pasien terhadap porsi makanan mayoritas termasuk kategori “baik”. Berdasarkan uji korelasi diperoleh hasil bahwa tidak terdapat korelasi bermakna antara besar porsi makanan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Panti Waluya Kota Malang (makanan pokok p=0,061, lauk hewani p = 0,976, lauk nabati p = 0,061, dan sayuran p = 0,487). Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien memiliki tingkat kepuasan tinggi terhadap semua kategori besar porsi makanan. Pihak Rumah Sakit diharapkan untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanan makanan khususnya besar porsi makanan sehingga dapat memuaskan pasien.
English Abstract
The demands of patients to quality of service is not only associated with recovery from illness, but also regarding patient satisfaction with the quality of food service. The most important component in patient satisfaction is the meal portion size. Patient satisfaction with meal portion size has an impact on food intake. Inadequate food intake will lead to malnutrition. The study aimed to know the correlation between the meal portion size and patient satisfaction of inpatient room in Panti Waluya Hospital Malang. The method of this study was analytic survey with cross sectional design with 83 respondents. Data was collected with Stratified random sampling using validated questionnaire. The data analysis using Somers’d correlation test. The results showed that patient satisfaction was classified as “good”. Most patients categorized the meal portion size as “medium”. According to correlation test there was no correlation between the meal portion size and patient satisfaction of inpatient room in Panti Waluya Hospital Malang (rice p = 0,061; animal protein p = 0,976; vegetable protein, and vegetable p = 0,487). The result of the research showed that the satisfaction on meal portion size were high in all meal portion size categories. Hospital should maintain the food service quality especially the meal portion size that can improve patient satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/497/ 051607393 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 14:16 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 14:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |