Ramareta, Dhea (2016) Hubungan Ketepatan Waktu Penyajian Makanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Tentara Dr. Soepraoen Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ketepatan waktu penyajian makanan adalah salah satu indikator standar pelayanan minimal gizi rumah sakit dan indikator tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di rumah sakit. Pasien yang merasa puas akan cenderung menjadi pelanggan yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketepatan waktu penyajian makanan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Tentara dr. Soepraoen Kota Malang. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling. Data diperoleh dari 149 pasien, yang dirawat di kelas 2 dan 3, pada waktu makan pagi, siang dan malam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan waktu penyajian makanan dan tingkat kepuasan pasien secara umum sudah baik. Hasil analisis menggunakan Spearman dengan α=0,05 yaitu, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan waktu penyajian makanan dengan kepuasan pasien pada makan siang (p=0,513) dan terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan waktu penyajian makanan dengan kepuasan pasien pada makan malam (p=0,027). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pasien selain ketepatan waktu penyajian makanan. Saran dari penelitian ini adalah membuat jadwal urutan kedatangan petugas distribusi dari masing-masing ruangan, melakukan penelitian lebih lanjut dengan metode kualitatif untuk menggali alasan pasien merasa “puas” dan “tidak puas” terhadap ketepatan waktu penyajian makanan.
English Abstract
Meal service timeliness is one of the standard indicators of hospital nutrition services and an indicator of patient satisfaction with hospital services. Patients who are satisfied will tend to be a loyal costumer. This study aimed to find out the correlation between meal service timeliness to patient satisfaction in dr. Soepraoen Military Hospital Malang. This study was conducted using cross sectional approach and stratified random sampling. Data were obtained from 149 patient, who were hospitalized in second and third facility, at breakfast, lunch and dinner. The results showed that meal service timeliness and patient satisfaction in general is good. The result from the analysis using Spearman α=0.05, which is there was no significant correlation between meal service timeliness to patients satisfaction during lunch time (p=0,513) and there was a significant correlation between meal service timeliness to patients satisfaction during dinner time (p=0,027).The conclusion of this study is there are other factors that influence patient satisfaction apart meal service timeliness. Suggestions that can be given are to make arrival schedule for distribution officers from each room and to conduct further study using qualitative method to cover the reason of patient satisfied and dissatified to meal service timeliness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/494/ 051607118 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 14:14 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 14:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |