Kandungan Karbohidrat, Protein, Dan Lemak Pada Makanan Siap Saji Khas Indonesia Yang Dianalisis Dengan Menggunakan Analisis Proksimat Dan Software Nutrisurvey

Meiningtyas, AtikaAudini (2016) Kandungan Karbohidrat, Protein, Dan Lemak Pada Makanan Siap Saji Khas Indonesia Yang Dianalisis Dengan Menggunakan Analisis Proksimat Dan Software Nutrisurvey. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kejadian obesitas disebabkan karena asupan energi yang berlebih sedangkan energi yang dikeluarkan sedikit, total energi tersebut disumbangkan dari zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Dalam hal ini diperlukan peran ahli gizi untuk memberikan edukasi gizi namun diperlukan data dukung yang tepat. Software NutriSurvey digunakan untuk menghitung dan menganalisis kandungan zat gizi pada makanan, tetapi selama ini belum pernah ada yang membandingkan apakah hasil analisis karbohidrat, protein, dan lemak pada NutriSurvey tersebut tepat dan seakurat uji laboratorium yang menggunakan analisis proksimat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan hasil analisis kandungan karbohidrat, protein, dan lemak pada makanan siap saji khas Indonesia yang dianalisis dengan menggunakan analisis proksimat dan software NutriSurvey 2007. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analisis yang menggunakan 15 sampel makanan siap saji khas Indonesia yang populer di Kota Malang. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan software SPSS 16 for windows. Uji independent t-test digunakan untuk analisis protein dan karbohidrat sedangkan mann-whitney digunakan untuk analisis lemak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan karbohidrat, protein, dan lemak makanan siap saji khas Indonesia tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara analisis proksimat dan software NutriSurvey 2007 (p>0,05). Alasan tidak terdapat perbedaan disebabkan karena ketepatan dalam memperkirakan bahan makanan yang digunakan, berat bahan, penambahan bahan makanan dalam setiap sajian serta ketepatan dalam perhitungan persentase penyerapan minyak pada saat pengolahan data menggunakan software NutriSurvey 2007. Berdasarkan penelitian ini, maka secara empiris NutriSurvey dapat dijadikan alternatif membantu perhitungan zat gizi suatu makanan dan pembuatan intervensi serta edukasi.

English Abstract

Obesity occurrence is caused by excessive of energy intake while the energy expenditure was less than the intake, the total energy was contributed by macronutrients such as carbohydrate, protein, and fat. Dietitian’s role is necessary to provide nutritional education, however proper support data is still needed. Nutrisurvey software was used to calculate and analyze the nutrient content in food, but so far no comparison found whether the analysis results of carbohydrate, protein, and fat in the NutriSurvey was as accurate and precise as laboratory measurement using proximate analysis. The research is aimed to analyze the difference among the carbohydrate, protein, and fat an analysis results in Indonesian popular dishes that were analyzed using a proximate analysis and NutriSurvey 2007. The research was an observational research using 15 samples of Indonesian popular dishes in Malang. The obtained data were processed and analyzed statistically by using SPSS 16 for windows. The independent t-test was used for protein and carbohydrate analysis, meanwhile the Mann-Whitney test was used for the fat analysis. The results showed that the content of carbohydrate, protein, and fat in Indonesian dishes had no significant differences between the proximate analysis and NutriSurvey 2007 (p>0.05). The reason that there was no difference because of the accuracy in estimating food ingredients used, ingredients weight, additional food or condiment in each dish and the precision of the oil absorbance percentage calculation during data processing using NutriSurvey 2007. Based on this research, empirically NutriSurvey can be used as an alternative to help calculate the food nutrients and to support dietetic intervention and education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/485/ 051606874
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 18 Aug 2016 12:42
Last Modified: 18 Aug 2016 12:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126183
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item