Hubungan Pengetahuan Pengasuh Tentang Posisi Pemberian Makan Dengan Asupan Energi Dan Protein Anak Cerebral Palsy Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (Ypac) Malang

Rolando, Median (2016) Hubungan Pengetahuan Pengasuh Tentang Posisi Pemberian Makan Dengan Asupan Energi Dan Protein Anak Cerebral Palsy Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (Ypac) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak Cerebral Palsy memiliki masalah kesulitan makan sehingga asupan zat gizinya kurang. Peran pengasuh sangatlah penting untuk menangganinya. Salah satu teknik yang dapat dilakukan adalah pengaturan posisi pemberian makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan pengasuh tentang posisi pemberian makan dengan asupan energi dan protein anak Cerebral Palsy di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang. Desain penelitian adalah crossectional study. Subjek (n = 12 pengasuh) dipilih dengan cara total sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan pengasuh tergolong baik sebanyak 66.7%. Rerata asupan energi dan protein lebih rendah daripada rerata kebutuhan berdasarkan Angka Kecukupan Gizi. Anak Cerebral Palsy memiliki asupan energi yaitu sebanyak 75% tergolong defisit (42% asupan defisit berat dan 33% defisit ringan). Sedangkan persentase asupan protein yaitu sebanyak 50% tergolong defisit (33% asupan defisit berat dan 17% asupan defisit ringan). Analisa person test menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pengetahuan pengasuh tentang posisi pemberian makan dengan asupan energi dengan p–value sebesar 0,994 (p >0,05), dan protein dengan p–value sebesar 0,526 (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan pengasuh tentang posisi pemberian makan dengan asupan gizi anak Cerebral Palsy.

English Abstract

Cerebral Palsy Children has problems that it makes less nutrient intake. The caregiver role is very important to prepared eating problems. Feeding position is the one of technique which is a solution for eating problem in Cerebral Palsy. This study aimed to provid the relationship between feeding position knowledge and nutrition intake among Cerebral Palsy Children in YPAC Malang. The study design was cross-sectional study. Subjects (n = 12 caregivers) were selected by total sampling method base on inclusion criterias. The results showed 66.7% level of knowledge good. The mean energy and protein intake were lower than that of Dietary Reference Intakes (DRI). Energy intake was 75% classified deficit (42% heavy deficit and 33% mild deficit). While the percentage of protein intake was classified as deficit by 50% (33% severe deficit and 17% mild deficit). Person test analysis showed no association between caregiver’s knowledge about position of feeding with energy intake with p-value of 0.994 (p> 0.05), and protein with p-value of 0.526 (p> 0.05). The conclusion from this study revealed significant relationship between caregiver’s knowledge about position of feeding with nutrition intake Cerebral Palsy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/48/ 051602467
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 04 Apr 2016 15:44
Last Modified: 04 Apr 2016 15:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126177
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item