Perbandingan Kandungan Energi dan Densitas Energi Pada Makanan Siap Saji Internasional Yang Dianalisis dengan Menggunakan Metode Bom Kalorimetri Dan Nutrisurvey

Ulandari, DesakMadeTrisna (2016) Perbandingan Kandungan Energi dan Densitas Energi Pada Makanan Siap Saji Internasional Yang Dianalisis dengan Menggunakan Metode Bom Kalorimetri Dan Nutrisurvey. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Obesitas masih menjadi masalah di Indonesia dengan prevalensi hampir mencapai 20% pada tahun 2013. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan untuk menanggulangi obesitas adalah edukasi gizi. Contoh edukasi gizi adalah memberikan informasi nilai gizi pada makanan sehingga masyarakat dapat mengatur asupan makan. Untuk menganalisis kandungan energi dan densitas energi pada makanan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu uji laboratorium dan analisis menggunakan software nutrisurvey. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kandungan energi dan densitas energi pada makanan siap saji internasional yang dianalisis dengan menggunakan uji bom kalorimetri dan software nutrisurvey 2007. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan menggunakan sampel berupa makanan siap saji Internasional yang populer di kalangan masyakat kota Malang. Jumlah sampel adalah 15 makanan. Uji statistik yang digunakan adalah mann – whitney. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil pengukuran kandungan energi dan densita energi antara uji bom kalorimetri dan software nutrisurvey 2007 (p = 0,419 ; p = 0,237). Kesimpulan dari penelitian ini adalah analisis kandungan energi dan densitas energi menggunakan nutrisurvey 2007 dapat mewakili hasil analisis menggunakan uji bom kalorimetri.

English Abstract

Obesity is a serious problem in Indonesia with prevalance reached 20% in 2013. One of the intervention that can be done to reduce obesity is by nutrition education. The example of nutrition education is to provide nutrition information of food so people can arrange their food intake. To analyze energy and energy density value in food can be done with two ways, using laboratorium test and analyze by nutrition analysis program likes nutrisurvey. The purpose of this study was to compare the energy and energy density value in international fast food using bomb calrimetry test and nutrisurvey 2007. This study is a observational analytic research using popular international fast food in Malang City society (n = 15). Mann Whitney test will be used for data analysis. Research result showed that there is no significant difference of energy and energy density value from nutrisurvey and bomb calorimetry test (p = 0,419 ; p = 0,237). Conclusion from this research are analysis of energy and energy density value using nutrisurvey 2007 represent analysis result from bomb calrimetry test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/451/ 051606302
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 19 Aug 2016 09:45
Last Modified: 19 Aug 2016 09:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126145
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item