Perbedaan Kualitas Dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Serta Kualitas Makanan Yang Mendapatkan Makanan Oral Berdiet Dan Non Diet Di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. M. A. Hanafiah,Sm Batusangkar

Uspri, Deriza (2016) Perbedaan Kualitas Dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Serta Kualitas Makanan Yang Mendapatkan Makanan Oral Berdiet Dan Non Diet Di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. M. A. Hanafiah,Sm Batusangkar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepuasan pasien merupakan alat untuk meningkatkan kualitas penyedia layanan kesehatan. Memuaskan pasien telah menjadi ukuran penting untuk pemantauan kinerja pelayanan. Kualitas foodservices secara keseluruhan mempengaruhi kepuasan pasien yang di rawat di Rumah Sakit.Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan kualitas dan kepuasan pelayanan serta makanan menurut pasien yang mendapatkan makanan oral berdiet dan non diet. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Pengambilan sampel dengan purposive sampling menggunakan kriteria inklusi dibagi 2 kelompok, yaitu 157 orang kelompok yang mendapatkan makanan berdiet dan 157 orang kelompok yang mendapatkan makanan non diet. Variabel yang diukur yaitu kualitas makanan, kualitas pelayanan makan, kepuasan terhadap pelayanan dan kualitas makanan. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden menilai kualitas baik dan puas terhadap pelayanan serta kualitas makanan yang didapat, kemudian tidak ada perbedaan terhadap kualitas pelayanan dan makanan, tidak ada perbedaan terhadap kepuasan kualitas makanan, tapi ada perbedaan kepuasan pelayanan makanan (Chi square, p < 0,05). Kesimpulan dari penelitian tidak ada perbedaan terhadap kualitas pelayanan dan makanan, tidak ada perbedaan terhadap kepuasan kualitas makanan, tapi ada perbedaan kepuasan pelayanan makanan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan makanan di rumah sakit sehingga meningkatkan kepuasan pasien.

English Abstract

Patient satisfaction is a tool to improve the quality of health care providers. Satisfying the patient has become an important measure for monitoring service performance. Quality Foodservices affect the overall satisfaction of patients treated in hospital. The research aimed to know the difference in quality and service satisfaction as well as food by patients receiving oral food diet and non-diet. This study used cross sectional design. Samples were taken using purposive sampling with specific inclusion criteria. Sample were divided into 2 groups (dieting and no dieting), consist 157 patient in each group. The results showed most of “good” on quality and satisfaction of food service and food quality. Sample were significant difference on foodservice satisfaction (Chi square, p <0.05). The conclusion there was difference in food service satisfaction between dieting and non dieting patient, eventhough patient rate “ good” for food service and quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/44/ 051602463
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 31 Mar 2016 14:10
Last Modified: 31 Mar 2016 14:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126132
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item