Hubungan Kesesuaian Energi dan Protein Terhadap Kadar Albumin Serum pada Pasien Sakit Kritis di ICU RSU Santo Antonius Pontianak.

Lingga, BintaryaniTiodora (2015) Hubungan Kesesuaian Energi dan Protein Terhadap Kadar Albumin Serum pada Pasien Sakit Kritis di ICU RSU Santo Antonius Pontianak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasien sakit kritis adalah pasien yang berada dalam kondisi kegawatan, minimal terdapat kegagalan fungsi pada satu organ tubuh, gangguan neurologis, pasca operasi mayor, pasien emergency akibat trauma mayor, sepsis atau gagal nafas. Pemberian asupan gizi yang adekuat akan memberikan support bagi tubuh agar tidak terjadi gangguan metabolisme zat gizi yang menyebabkan meningkatnya risiko malnutrisi. Albumin adalah parameter penilaian status gizi yang digunakan pada kasus kegawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesesuaian energi dan protein terhadap kadar serum albumin pada pasien sakit kritis di ruang Intensive Care Unit (ICU). Rancangan penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Variabel yang diukur yaitu asupan energi, asupan protein dan kadar albumin serum. Hasil Penelitian didapatkan 33 responden yang diteliti. Variabel yang diukur adalah asupan energi, asupan protein dan kadar albumin serum. Hasil penelitian menunjukkan 66.67% responden dengan asupan energi yang sesuai dan 57.6% responden dengan asupan protein sesuai. 75.8% responden memiliki kadar albumin serum yang rendah dan 24.2% responden kadar albumin serum yang baik. Rata-rata asupan energi 1.429,13 kalori dan 65,10 gram asupan protein. Dari hasil uji statistik Chi-Square didapatkan nilai p=0.218 untuk hubungan kesesuaian jumlah asupan energi terhadap kadar albumin serum dan p=0.416 untuk hubungan kesesuaian jumlah asupan protein. Kesimpulan penelitian adalah tidak ada hubungan antara kesesuaian jumlah energi dan protein terhadap kadar albumin serum pada pasien sakit kritis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/39/051500843
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 10 Feb 2015 10:55
Last Modified: 09 Oct 2023 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125156
[thumbnail of BINTARYANI TIODORA LINGGA.pdf] Text
BINTARYANI TIODORA LINGGA.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item