Nurullah, Muhammad Fariz (2018) Analisis Jumlah Armada Terhadap Profit “KEJO Malang” dengan Pendekatan Simulasi Sistem Dinamik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ojek merupakan salah satu layanan transportasi dengan cara membonceng penumpang dengan sepeda motor. Layanan ojek memberikan kemudahan yang tidak dimiliki oleh angkutan kota, yaitu penumpang dapat memilih tujuan dan pengemudi ojek menentukan tarif yang harus dibayarkan oleh penumpang, berbeda dari angkutan kota yang memiliki trayek atau rute perjalanan pulang-pergi yang telah ditentukan, sehingga penggunaan ojek lebih menghemat waktu dan biaya. KEJO Malang berdiri pada bulan Agustus tahun 2015 di Kota Malang, dengan aktifitas utama sebagai penyedia layanan ojek online. KEJO Malang memeliki tiga pelayanan utama yaitu, transportatiom, delivery dan courier. Pada periode 2016 - 2017 KEJO Malang mengalami fluktuasi permintaan yang mempengaruhi profit yang didapatkan. Melalui Simulasi sistem dinamik diharapkan dapat membantu KEJO Malang untuk mengetahui hubungan antar variabel didalam sistem pelayanan jasa, dan dapat dijadikan pendukung penyusunan keputusan terkait usaha perbaikan. Dalam penelitian ini, langkah yang dilakukan diantaranya melakukan studi pustaka dan studi lapangan, pengambilan data, dan pengolahan data. Pada pengolahan data dilakukan beberapa langkah, antara lain melakukan identifikasi sistem, konseptualisasi sistem, formulasi model, simulasi model, dan analisis kebijakan. Pada tahap identifikasi sistem dilakukan analisis terhadap sistem pelayanan jasa KEJO Malang, identifikasi variabel, dan interaksi antar variabel dalam sistem. Pada tahap konseptualisasi sistem, dilakukan penggambaran causal loop diagram dan stock and flow diagram. Pada tahap formulasi model dilakukan dengan memberikan unit, dan formula ke dalam model. Pada tahap simulasi model dilakukan verifikasi dan validasi model, analisis hasil simulasi model dan pembuatan skenario kebijakan. Pada tahap analisis kebijakan dilakukan analisis terhadap skenario kebijakan yang telah dibuat. Hasil penelitian ini menunjukan ada 17 variabel yang terdapat dalam sistem. Dimana armada pengemudi ojek secara tidak langsung mempengaruhi profit perusahaan. Hal ini didapatkan dari penggunaan causes tree dan uses tree dimana pengemudi ojek mempengaruhi jumlah kapasitas pelayanan, yang secara tidak langsung mempengaruhi pendapatan yang berhubungan langsung dengan profit perusahaan. Hasil simulasi menunjukan berdasarkan kondisi saat ini perusahaan mengalami penurunan profit yang menyebabkan kerugian. Terdapat dua skenario yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil simulasi menunjukan skenario 2 adalah skenario terbaik untuk dapat meningkatkan profit, yaitu dengan cara penambahan jumlah pengemudi ojek sebanyak 10 orang pengemudi orang untuk dapat memenuhi semua permintaan pelayanan. Skenario 2 dibuat berdasarkan permintaan pelayanan tertinggi yaitu 1997 permintaan, kenario 2 menghasilkan peningkatan rata-rata profit sebesar 85% dari kondisi saat ini.
English Abstract
Ojek is one of the transportation services by way of riding passengers on a motorcycle. Ojek service provides convenience that is not owned by city transportation, that passengers can choose the destination and the motorcycle taxi driver determines the cost to be paid by the passengers, different from the city transport that has a route or a round-trip route that has been determined, so the use of ojek more time saving and cost. KEJO Malang was established in August 2015 in Malang City, with main activity as an online motorcycle service provider. KEJO Malang has three main services namely, transportatiom, delivery and courier. In the period 2016-2017 KEJO Malang experiencing fluctuations in demand that affect the profit earned. Through dynamic system simulation is expected to help KEJO Malang to know the relationship between variables within the service system, and can be used as support for the preparation of decisions related to improvement efforts. In this study, the steps taken include doing library study and field study, data retrieval, and data processing. In the data processing done several steps, among others, identify system, system conceptualization, model formulation, model simulation, and policy analysis. In the identification phase of the system performed an analysis of the service system KEJO Malang, identification of variables, and interaction between variables in the system. At the conceptualization stage of the system, a depiction of causal loop diagram and stock and flow diagram are performed. In the model formulation stage is done by giving units, and formulas into the model. In the model simulation stage, verification and validation of models, analysis of model simulation results and policy scenarios are made. At the stage of policy analysis carried out an analysis of the policy scenarios that have been made. The results of this study indicate that there are 17 variables contained in the system. Where the ojek driver fleet indirectly affects the company's profit. This is obtained from the use of causes tree and uses tree where the driver of the motorcycle taxi influences the amount of service capacity, which indirectly affects the income that is directly related to the company's profit. The simulation results show that based on current conditions, the company experienced a decrease in profit that caused losses. There are two scenarios used in this study. The simulation results show scenario 2 is the best scenario to be able to increase profits, namely by increasing the number of motorcycle taxi drivers as many as 10 people to be able to meet all service requests. Scenario 2 was made based on the highest service demand, namely 1997 request, kenario 2 resulted in an increase in average profit of 85% of the current condition.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/902/051809135 |
Uncontrolled Keywords: | Causal Loop Diagram, Sistem Dinamik, Stock and Flow Diagram, Vensim Causal Loop Diagram, System Dynamic, Stock and Flow Diagram, Vensim |
Subjects: | 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.2 Conditions of employment > 331.21 Compensation > 331.216 Method of compensation > 331.216 4 Incentive compensation > 331.216 47 Profit sharing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 02:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 02:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12514 |
Actions (login required)
View Item |