Sari, Rafiah (2015) Pengaruh Pemberian Makanan Tambahan (Pmt) Terhadap Status Gizi Anak Usia Pra Sekolah (Studi Kasus Di Tk Brawijaya Smart School Dan Tk Aba 25) Kota Malang Tahun 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Anak prasekolah adalah anak yang berumur 3-6 tahun. Pada masa ini, anak membutuhkan gizi yang optimal untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Masalah gizi yang umumnya dialami anak prasekolah di Indonesia adalah defisiensi gizi, baik makronutrien maupun mikronutrien. Prevalensi balita gizi kurang dan gizi buruk mengalami peningkatan setiap tahun, sementara prevalensi balita kurus cenderung menurun, namun prevalensi masih tinggi. Berbagai dampak yang dapat ditimbulkan dari kekurangan gizi adalah dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan fisik, mental dan intelektual. Pemberian PMT merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara pemberian PMT yang diberikan di sekolah dengan status gizi anak usia prasekolah. Penelitian ini merupakan studi observasional deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 70 orang yang terdiri dari 37 orang yang mendapat PMT dan 33 orang yang tidak mendapat PMT. Sampel diambil secara total dari semua anak di Taman Kanak-kanak dengan analisis data yaitu analisis univariat dan bivariat. Anak yang mendapat PMT memiliki peluang yang sama untuk memiliki status gizi normal dibandingkan dengan anak yang tidak mendapat PMT. Hasil uji statistik dengan Chi Square diketahui tidak terdapat hubungan antara pemberian PMT terhadap status gizi (p>0,05).
English Abstract
Pre-school students are 3-6 year old children. In this phase, children need optimum nutrition to support their growth and development. Nutrition problem which generally happen to pre-school students in Indonesia is nutrition deficiency both macronutrient and micronutrient. Prevalence of toddlers’ malnutrition increases year by year, meanwhile the number of thin toddlers tends to decrease, but the prevalence is still high. Various impacts that may arise from malnutrition can cause disruption of mental, intellectual and physical growth. The feeding of PMT is one of programs aimed at increasing the status of children nutrition. This research aimed at proving that there was influence between the feeding of PMT given in school and the status of pre-school students’ nutrition. This research was an analytical descriptive observational study with cross sectional approach. The number of the respondents was 70 people consisting of 37 people that got PMT and 33 people who did not get PMT. The sample was taken totally from all students in kindergarten with data analysis that was univariate and bivariate. The students who got PMT had the same chance to have normal nutrition status compared with the students who did not get PMT. The result of statistics test with Chi Square was known that there was no relation between the feeding of PMT to the nutrition status (p>0,05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2015/371/ 051503060 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 11:16 |
Last Modified: | 30 Apr 2015 11:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |