Penggunaan Multimedia dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 10 Malang.

Faridi, Ahmad Husni (2017) Penggunaan Multimedia dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 10 Malang. UNSPECIFIED thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi telah berkembang begitu cepat akhir-akhir ini dan perkembangan teknologi tersebut pun telah memasuki ranah pendidikan. Sebagai sekolah Adiwiyata (sekolah terbaik dalam memelihara lingkungan), peneliti penasaran akan bagaimana SMP Negeri 10 Malang menjaga menjaga kualitas proses belajar dan mengajar di dalam kelas seiring dengan berkembangnya teknologi pada tahun-tahun terakhir. Berangkat dari poin tersebut, peneliti mengadakan sebuah penelitian tentang penggunaan multimedia di dalam pengajaran di kelas Bahasa Inggris di SMP Negeri 10 Malang. Studi ini bertujuan untuk mengetahui semua penggunaan dan peran multimedia di dalam pengajaran Bahasa Inggris. Informasi tersebut akan diperkaya melalui wawancara dengan guru Bahasa Inggris dan tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia di dalam pengajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yang mana mengobservasi dan mengambil catatan dari fenomena penggunaan multimedia di dalam pengajaran Bahasa Inggris. Partisipan dari penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris dan tiga puluh (30) siswa kelas 8D. Data diambil melalui lembar observasi, panduan wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa salah satu multimedia yaitu LCD proyektor sering digunakan. Guru Bahasa Inggris menggunakan LCD proyektor utamanya untuk menyampaikan materi di kelas. Guru Bahasa Inggris tersebut memberikan respon positif terhadap penggunaan multimedia karena itu sangat membantunya dalam menyampaikan materi dengan baik. Murid-murid juga sangat setuju terhadap penerapan multimedia di dalam kelas Bahasa Inggris karena itu dapat mengakomodasi mereka untuk menerima materi dengan senang daripada menggunakan media konvensional. Berdasarkan pada hasil penelitian, peneliti mengharapkan bahwa penelitian ini dapat bermanfaat untuk sekolah dan guru Bahasa Inggris lain agar lebih sering lagi menggunakan multimedia dalam pengajaran. Karena multimedia sangat berguna dalam proses pengajaran, guru lain seharusnya juga mengaplikasikan pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan multimedia. Untuk peneliti berikutnya, studi ini akan berguna sebagai referensi untuk mengadakan penelitian yang sama atau bahkan lebih baik di tempat yang berbeda.

English Abstract

Technology has raised so fast nowadays and it has been entering education field. As Adiwiyata school, the researcher was wondering how SMP Negeri 10 Malang keep the quality of teaching and learning process especially in English classroom with the raise of technology in recent years. Thus, the researcher conducted a study about the usage of multimedia in teaching of English in SMP Negeri 10 Malang. This study was aimed to find out all of the usages and the roles of multimedia in the teaching of English. This study employed descriptive qualitative research design. The participants were an English teacher and thirty students (30) of class 8D in the academic year of 2016/2017. The data were collected through three instruments, namely observation sheet, interview guide, and questionnaire. The results indicated that multimedia tool namely LCD projector is often used. In the implementing, the LCD projector is commonly supported by the other media such as audio speaker and LCD screen. The teacher main use of the LCD projector is to convey the material in the class by showing multimedia material like power point slide, video, picture animation, etc. The teacher gave positive response to the multimedia usage because it helps her in conveying material well. Most of the students also agree of the multimedia implementation in English class because it accomodates them to get the English material joyfully rather than the conventional media. Based on the findings, the researcher expected that this research was beneficial for the school and other English teachers to use multimedia more frequent. Since it is useful for the teaching process, the teachers should apply the teaching using multimedia in English class. For further researchers, this study will be useful as a reference to conduct the same or better research in different settings.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Identification Number: SKR/FBS/2017/515/051706596
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Teaching English, SMP Negeri 10 Malang
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:11
Last Modified: 21 Oct 2024 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1250
[thumbnail of Ahmad Husni Faridi.pdf] Text
Ahmad Husni Faridi.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item