Hubungan Antara Asupan Natrium Dengan Tekanan Darah (Studi Pada Wanita Usia Subur Suku Madura Dengan Pra Hipertensi dan Hipertensi Di Kecamatan Kedungkandang Di Kota Malang).

Budiman, SavitriMaharani (2015) Hubungan Antara Asupan Natrium Dengan Tekanan Darah (Studi Pada Wanita Usia Subur Suku Madura Dengan Pra Hipertensi dan Hipertensi Di Kecamatan Kedungkandang Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu prioritas masalah kesehatan global yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. WHO menyatakan di tahun 2008, 40% atau sekitar 1 milyar orang dewasa yang berusia 25 tahun ke atas telah terdiagnosis hipertensi. Faktor kunci dari asupan zat gizi yang berperan dalam terjadinya peningkatan tekanan darah adalah natrium. Natrium merupakan komponen kimia yang umum terdapat pada garam dan penyedap makanan. Berdasarkan hasil Riskesdas 2013, penduduk diJawa Timur memiliki kebiasaan menggunakan penyedap makanan yang lebih tinggi dibandingkan angka nasional, yaitu 80,5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara asupan natrium dengan tekanan darah pada wanita usia subur (WUS) Suku Madura dengan pra hipertensi dan hipertensi di Kecamatan Kedungkandang di Kota Malang. Jenis penelitian adalah penelitian observasional dengan desain cross-sectional. Populasi adalah wanita usia 8-44 tahun dengan Suku Madura. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 46 orang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data responden dikumpulkan dengan kuesioner, tekanan darah dengan oskilometrik digital, asupan natrium dengan Weighed Food Record selama 2 hari. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman. Tidak ditemukan adanya hubungan antara asupan natrium dengan tekanan darah sistolik dan diastolik (p = 0,546 dan p = 0,778). Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara asupan natrium dengan tekanan darah. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk memperhatikan asupan zat gizi lainnya yang juga berperan terhadap tekanan darah, seperti kalium dan kalsium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/110/051500944
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 11 Feb 2015 12:31
Last Modified: 22 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124849
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item