Tingkat Pengetahuan, Pemanfaatan Label Gizi dan Klaim Gizi pada Kemasan Produk Susu Tinggi Kalsium, serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi Kasus: Konsumen Wanita di Giant Mall Olympic Garden

Ayuningrat, MelisaPurnamasari (2014) Tingkat Pengetahuan, Pemanfaatan Label Gizi dan Klaim Gizi pada Kemasan Produk Susu Tinggi Kalsium, serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi Kasus: Konsumen Wanita di Giant Mall Olympic Garden. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengetahuan konsumen terkait label gizi sangat diperlukan guna terbentuk perilaku membaca label. Penelitian deskriptif analitik yang dilakukan pada 81 konsumen wanita menunjukkan bahwa 86% berpengetahuan kurang dan 72,8% percaya pada klaim gizi. Hasil analisis Chi Square menunjukkan faktor internal dan eksternal tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat pengetahuan. Tingkat penghasilan memiliki hubungan yang signifikan dengan perhatian pada klaim gizi (p=0,017), kepercayaan pada klaim gizi (p=0,024) dan kesesuaian takaran saji (p=0,022). Pengeluaran susu memiliki hubungan yang signifikan dengan perhatian pada klaim gizi (p=0,032), kepercayaan pada klaim gizi (p=0,021) dan perhatian pada label gizi (0,026). Sumber pribadi memiliki hubungan yang signifikan dengan kesesuaian takaran saji (p=0,007), sedangkan sumber komersial memiliki hubungan yang signifikan dengan perhatian pada klaim gizi (p=0,022). Tingkat pengetahuan konsumen wanita memiliki hubungan yang signifikan dengan perhatian pada label gizi (p=0,015). Hasil analisis regresi logistik biner menunjukkan perhatian pada klaim gizi dipengaruhi oleh tingkat penghasilan, pengeluaran susu dan sumber komersial sebesar 23%. Kepercayaan pada klaim gizi dipengaruhi oleh pengeluaran susu dan tingkat pengetahuan sebesar 17,5%. Kesesuaian takaran saji dipengaruhi oleh sumber pribadi sebesar 9,6%.

English Abstract

The consumer’s knowledge about the nutrition labels is very important to shape the behaviour in reading them. This descriptive analytical research on female consumers showed that 86% have less knowledgeable and 72.8% believe in nutritional claims. Results of Chi Square analysis showed that internal and external factors have no significant relationship with the level of consumer knowledge. The level of income have significant relationship with respect to the nutrition claims (p=0,017), belief in the nutrition claims (p=0,024) and the appropriateness of serving size (p=0,022). The expenditures for buying the products have significant relationship with attention to nutrition claims (p=0,032), attention to nutrition labels (p=0,026) and belief in the nutrition claims (p=0,021 ). The personal exposure have significant relationship with the suitability of serving size (p=0,007), but commercial sources have significant relationship with attention to nutrition claims (p=0,022). The level of knowledge have a significant relationship with the attention to nutrition labels (p=0,015). Results of binary logistic regression showed that attention to the nutritional claims are affected by the level of income, expenditure and commercial exposure (23%). Belief in the nutritional claims are affected by the level of knowledge and dairy expenditure (17,5%). Suitability of serving size influenced by personal exposure (9,6%) .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/92/051401527
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Mar 2014 09:38
Last Modified: 22 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124827
[thumbnail of BAB_7.pdf]
Preview
Text
BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_+_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Cover_+_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf]
Preview
Text
Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item