Hubungan Asupan Karbohidrat dengan Status Gizi pada Wanita Usia Subur (WUS) Suku Madura di Wilayah Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang

Rahmasari, NurulitaAida (2014) Hubungan Asupan Karbohidrat dengan Status Gizi pada Wanita Usia Subur (WUS) Suku Madura di Wilayah Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Status gizi merupakan gambaran keseimbangan antara asupan dan penggunaan zat gizi. Salah satu golongan yang memerlukan perhatian mengenai status gizi adalah WUS dan Suku Madura yang memiliki tingkat obesitas lebih tinggi dari Suku Jawa. Faktor yang berkontribusi terhadap status gizi WUS antara lain konsumsi zat gizi makro berupa karbohidrat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan karbohidrat dengan status gizi WUS pada Suku Madura di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik metode korelasi dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel 81 WUS Suku Madura. Jenis data yang dikumpulkan yaitu karakteristik responden yang diperoleh dengan metode wawancara melalui kuesioner, data asupan karbohidrat yang diperoleh dengan penimbangan makanan responden selama dua hari menggunakan metode Weighed Food Record (WFR), dan data Indeks Massa Tubuh (IMT) yang diperoleh dari perhitungan berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) hasil pengukuran antropometri untuk mengetahui status gizi. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan software Nutrisurvey dan SPSS versi 16. Hasil analisis menggunakan uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara asupan karbohidrat dan status gizi (p=0.675). Kesimpulan dari penelitian ini adalah asupan karohidrat tidak berhubungan dengan status gizi WUS Suku Madura di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

English Abstract

Nutritional status is a representation whether nutrient intake and its utilization are balance or not. Reproductive women and Maduranesse are one of the groups which require attention in nutritional status. Maduranesse have higher obesity prevalence compare with Javanesse. Nutritional status can be influenced by carbohydrate intake as macronutrient. This research means to know the association between carbohydrate intake and nutritional status. Observational study using cross-sectional design conducted onto 81 Maduranesse reproductive women taken by purposive sampling. Respondents characteristics data is collected by interview using questionnaires. Carbohydrate intake is assessed using two days Weighed Food Record (WFR) method. Calculation of Body Mass Index (BMI) from weight and height measurement is used to represent nutritional status. Nutrisurvey and SPSS 16 are used to tabulate and analyse data. Analysis using Spearman correlation test showed there is no significant relationship between carbohydrate intake and nutritional status (p=0.675). The conclusion is carbohydrate intake has no association with nutritional status among Maduranesse reproductive women in Kedungkandang subdisctrict, Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/778/051502838
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Apr 2015 09:31
Last Modified: 22 Oct 2021 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124806
[thumbnail of 7._BAB_5.pdf]
Preview
Text
7._BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_7.pdf]
Preview
Text
9._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_6.pdf]
Preview
Text
8._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_4.pdf]
Preview
Text
6._BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN_PENGESAHAN_Nurulita_Aida_R_115070301111011.pdf]
Preview
Text
HALAMAN_PENGESAHAN_Nurulita_Aida_R_115070301111011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover_&_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
1._Cover_&_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Abstrak_Indonesia-Inggris.pdf]
Preview
Text
2._Abstrak_Indonesia-Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_1.pdf]
Preview
Text
3._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_2.pdf]
Preview
Text
4._BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_3.pdf]
Preview
Text
5._BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._Lampiran.pdf]
Preview
Text
11._Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item