Pengaruh Pendidikan Gizi Menggunakan Metode Ceramah Dibandingkan Metode Team Game Tournament (TGT) terhadap Niat dan Perilaku Pemilihan Jajanan Sehat (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 5 SDN Tumpakrejo 1 d

Maduretno, IdaSri (2014) Pengaruh Pendidikan Gizi Menggunakan Metode Ceramah Dibandingkan Metode Team Game Tournament (TGT) terhadap Niat dan Perilaku Pemilihan Jajanan Sehat (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 5 SDN Tumpakrejo 1 d. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siswa sekolah dasar merupakan kelompok yang rentan terhadap keracunan makanan. Metode ceramah merupakan metode sederhana dan sering digunakan dalam pendidikan gizi, tetapi responden cenderung pasif sedangkan metode Team Game Tournament (TGT) merupakan metode berbasis permainan menarik dan disukai anak SD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan niat dan perilaku pemilihan jajanan sehat pada siswa kelas 5 SDN Tumpakrejo 1 dan 2 menggunakan metode ceramah dan metode TGT. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experimental study dengan pre-test and post-test design. Jumlah sampel adalah 42 orang, yang diambil dengan cara total sampling yaitu memilih seluruh siswa kelas 5B SDN Tumpakrejo 1 sebagai kelompok TGT dan seluruh siswa kelas 5 SDN Tumpakrejo 2 sebagai kelompok ceramah. Variabel yang diteliti adalah niat, perilaku di sekolah dan rumah terkait pemilihan jajanan pada kedua kelompok berdasarkan pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan niat yang signifikan pada kedua kelompok (p<0,05) tetapi tidak ada perbedaan niat yang signifikan antara kedua kelompok setelah diberi pendidikan gizi. Perilaku di sekolah menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kedua kelompok dan juga antara kedua kelompok setelah diberi pendidikan gizi. Tidak terdapat perbedaan perilaku di rumah yang signifikan pada kedua kelompok dan juga antara kedua kelompok setelah diberi pendidikan gizi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode ceramah lebih baik dalam meningkatkan niat sedangkan TGT lebih baik dalam meningkatkan perilaku di sekolah walaupun kedua metode tersebut cukup efektif meningkatkan niat dan perilaku di sekolah.

English Abstract

Elementary school students is a group that being suspectible to suffer from food poisoning. Lecture method is a simple method and frequently used in nutrition education, but respondent is passive while Team Game Tournament (TGT) is an interesting playing-based method and preferred for elementary school children. The aim of this study was to determine the differences of snacking intention and behaviour of fifth grade students in SDN Tumpakrejo 1 and 2 using lecture and TGT method. This research was a quasy experimental study with pre-test and post-test design. Forty two samples were recruited, by using total sampling, from all students in 5B at SDN Tumpakrejo 1 as TGT group and all fifth grade students at SDN Tumpakrejo 2 as lecture group. This research variables were snacking intention, behaviour in the school and home in both groups based on before-after measurement. The results showed that there was a significant improvement of intention in both groups (p<0,05) but no significant difference of intention between groups after being given a nutrition education. Snacking behaviour in the school had a significant difference in both groups and also between groups. But snacking behaviour in the home had no significant difference in both groups and also between groups. Based on the study result, it was concluded that lecture method improves intention more than TGT while TGT improves more snacking behaviour in the school although both methods were effective on improving snacking intention and behaviour particularly in the school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/574/051404751
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.6 Personal safety and special topics of health
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2014 09:37
Last Modified: 22 Oct 2021 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124582
[thumbnail of COVER+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_7.pdf]
Preview
Text
BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item