Perbedaan Tingkat Kecukupan Zat Besi (Fe) dan Asupan Energi Balita yang Diasuh Ibu Sendiri dan di Taman Penitipan Anak (TPA) Kota Malang

Riftiana, Friskania (2014) Perbedaan Tingkat Kecukupan Zat Besi (Fe) dan Asupan Energi Balita yang Diasuh Ibu Sendiri dan di Taman Penitipan Anak (TPA) Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Status gizi dan tingkat kecukupan zat besi balita menjadi perhatian khusus sejak awal tahun kehidupan karena sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal. Di Indonesia prevalensi anak balita yang terkena gizi kurang pada tahun 2010 tergolong tinggi dimana wasting (13,3%), underweight (17,9%), stunting (35,6%) disamping itu masih dijumpai 26,3% balita yang menderita Anemia Gizi Besi (AGB). Saat ini di kota-kota besar banyak ibu yang bekerja memilih menggunakan jasa Taman Penitipan Anak (TPA), sedangkan ibu yang tidak bekerja tentunya memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengatur pola makan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kecukupan zat besi (Fe) dan asupan energi balita yang diasuh ibu sendiri dan di TPA. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dan bersifat observasional komparatif. Menurut waktunya termasuk penelitian dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah 100 balita dan sebagai responden adalah ibu balita dan pengasuh di TPA, yang diambil dengan teknik sampling multistage yaitu 50 untuk balita yang diasuh ibu sendiri dan 50 balita di TPA. Variabel yang diteliti dan dianalisis adalah asupan energi sehari, asupan energi makan siang, dan tingkat kecukupan zat besi (Fe). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan asupan energi antara balita yang diasuh ibu sendiri dan di TPA (p>0,05). Namun ada perbedaan yang signifikan lebih tinggi pada asupan energi makan siang balita yang diasuh ibu sendiri daripada di TPA (p<0,05). Sedangkan pada tingkat kecukupan zat besi (Fe) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara balita yang diasuh ibu sendiri dan di TPA (p>0,05). Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi asupan energi dan tingkat kecukupan zat besi baik pada balita yang diasuh ibu sendiri dan balita di TPA.

English Abstract

The nutritional status and adequacy of iron level from toddler became special attention since the beginning of their life, its because very important for optimal growth and development. In Indonesia prevalence of toddler who affected by malnutrition at 2010 is high where wasting (13,3%), underweight (17,9%), stunting (35,6%) beside that 26,3% from toddler was found in anemia of iron. Today in large cities many working mother choose to use daycare, whereas mothers who did not work have more time to adjust the diet of children. The purpose from this research was to know the difference in adequacy of iron (Fe) and energy intake from toddlers were taken care by their own mother and daycare. Research design was an observational study and comparative analytic. According to the time including a cross sectional study. The number of samples were 100 toddlers and the respondents were mother of toddlers and caregivers in daycare, which was taken by multistage sampling technique that was 50 toddlers were taken care by their own mothers and 50 toddlers in daycare. The variables studied and analyzed were daily energy intake, energy intake lunch and the adequacy of iron (Fe). The results showed that there was no difference between energy intake from toddlers were taken care by their own mother and daycare (p>0,05). But there was a significant difference intake energy lunch which higher in toddlers were taken care by their own mother than daycare (p<0,05). While at the adequacy of iron (Fe) there was no significant difference between toddlers were taken care by their own mother and daycare (p>0,05). More research was needed to know factors affecting intake energy level and adequacy of iron (Fe) from toddlers were taken care by their own mother and daycare.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/533/051404029
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.9 Pediatrics and geriatrics > 618.92 Pediatrics / Infants--Care / Infants--Development
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jul 2014 13:26
Last Modified: 23 Nov 2021 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124537
[thumbnail of 3._BAB_1.pdf]
Preview
Text
3._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_3.pdf]
Preview
Text
5._BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_2.pdf]
Preview
Text
4._BAB_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_5.pdf]
Preview
Text
7._BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_4.pdf]
Preview
Text
6._BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_6.pdf]
Preview
Text
8._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_7.pdf]
Preview
Text
9._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._Lampiran.pdf]
Preview
Text
11._Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover_+_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
1._Cover_+_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf]
Preview
Text
2._Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 105070307111002_COVER + DAFTAR ISI.docx] Text
105070307111002_COVER + DAFTAR ISI.docx

Download (250kB)

Actions (login required)

View Item View Item