Penentuan Rute dan Penjadwalan perawatan Mesin ATM BRI Wilayah Surabaya yang Berbatasan Waktu dengan Metode Saving Matrix

Prabowo, Andyan (2018) Penentuan Rute dan Penjadwalan perawatan Mesin ATM BRI Wilayah Surabaya yang Berbatasan Waktu dengan Metode Saving Matrix. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Bringin Gigantara dipercaya oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. untuk menangani pengadaan perangkat IT beserta perangkat pendukungnya salah satu perangkat yang ditangani oleh perusahaan ini adalah mesin ATM. Besarnya angka kerusakan ATM menyebabkan menurunnya kepercayaan nasabah terhadap ATM BRI yang dikelola oleh PT. Bringin Gigantara. Cara menanggulangi kerusakan ATM adalah dengan melakukan maintenance preventif. Dalam menjalankan operasionalnya PT. Bringin Gigatara telah menentukan target perawataan ATM per tahun. Ditargetkan setiap ATM dirawat sebanyak 12 kali dalam setahun atau satu kali perawatan setiap bulan untuk melakukan maintenance preventif. Tetapi realitanya belum tentu satu mesin ATM dirawat 12 kali dalam jangka waktu satu tahun atau satu kali setiap bulannya dikarenakan perusahaan tidak memiliki rute dan jadwal dalam melaksanakan penjadwalan ATM. Permasalahan penentuan rute ini memiliki keterbatasan kendaraan berjumlah dua dan waktu yang dimana perusahaan memberikan waktu 8 jam selama 6 hari untuk setiap kendaraannya dengan total waktu 5760 menit. Permasalahan penentuan rute ini dapat diselesaikan menggunakan metode saving matrix. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan penjadwalan rute untuk target perusahaan terpenuhi yaitu satu bulan seluruh ATM dirawat satu kali. Metode savings matrix pada hakekatnya adalah metode untuk meminimumkan jarak atau waktu atau ongkos dengan mempertimbangkan kendala-kendala yang ada. Pada umumnya langkah pembuatan matrik penghematan yang digunakan adalah jarak sedangkan pada penelitian ini yang digunakan matrik penghematan adalah waktu karena terdapat perbedaan kecepatan yang digunakan dan untuk meminimumkan waktu yang diberikan. Metode ini memiliki beberapa langkah pehitungan, yaitu pembuatan matriks jarak, penentuan matrik waktu, pembuatan matrik penghematan waktu, alokasi rute, dan implementasi model algoritma nearest neighbour. Hasil yang didapat dari metode ini adalah rute yang ditentukan sesuai dengan target perusahaan yaitu ATM dapat dirawat satu kali setiap bulannya. Hasil yang ada dengan metode saving matrik pada permasalahan ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu cluster dalam pemeliharaan ATM yang memiliki 46 ATM adalah sebesar 5279.98 menit. Jika disesuaikan dengan jam kerja yang tersedia sebesar 5760 dengan dilakukan selama 6 hari dan dengan 2 kendaraan. Dengan perencanaan rute yang baru dalam 1 hari dapat menjalankan pemeliharaan ATM sebanyak 1 sampai 5 ATM untuk 1 kendaraan. Sedangkan pada penjadwalan pemeliharaan ATM yang telah ada hanya 1 sampai 2 ATM dalam 1 hari untuk setiap kendaraannya.

English Abstract

PT. Bringin Gigantara is trusted by PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. to handle the procurement of IT equipment and supporting devices. One of the devices handled by this company is ATM machine. The high number of ATM damage leads to the decrease of customers trust towards BRI ATM which managed by PT. Bringin Gigantara. Thus, preventive maintenance is needed to overcome ATM damage or failure. In running its operations, PT. Bringin Gigatara has set an ATM maintenance target per year. Every ATM is targeted to be checked 12 times a year or one treatment every month to do preventive maintenance. However, in reality one ATM does not necessarily be treated or maintained 12 times in the period of one year or once every month. This is because the company does not have an exact route or schedule in implementing ATM scheduling. This route scheduling issue has some limitations such as limited number of vehicles (only provided two) and limited time given, which is 8 hours in 6 days for each vehicle with the total time of 5760 minutes. Route scheduling issue can be solved using the saving matrix method. The purpose of this research is to get the route scheduling so that the company’s target can be fulfilled, which is for all ATM to be maintained monthly (once every month). The savings matrix method is essentially a method to minimize “distance” or “time” or “cost” by considering the obstacles which may arise. In general, in the step of making economical matrix, “distance” is needed. However, in this research what will be used is “time” instead of “distance”. This is because there is a difference in the speed used and it is for minimizing the time given. This method has several calculation steps, namely the making of distance matrix, the determination of time matrix, the making of time savings matrix, route allocation, and implementation of “Nearest Neighbors” algorithm model. The results obtained from this method is the route specified in accordance to the company’s target, which is for all ATM to be maintained once every month. The result with saving matrix method in this issue is the time needed to complete one cluster in ATM maintenance which has 46 ATM is 5279.98 minutes. If adjusted to the available working hours of 5760 by carried out for 6 days and with 2 vehicles. With the new route planning, in one day the maintenance can be done to one until five ATM for one vehicle. While on the existing ATM maintenance scheduling, there is only one or two ATM which can be done in one day for each vehicle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/809/051808328
Uncontrolled Keywords: Nearest Neighbour, Penentuan Rute dan Penjadwalan Perawatan, Saving Matriks Nearest Neighbors, Route and Maintenance Scheduling, Saving Matrix
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks > 332.17 Banking services
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:55
Last Modified: 08 Oct 2018 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12437
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item