Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia 3–5 Tahun Di Tk Muslimat Nu 21 Malang

Hasanah, Magfiratun (2014) Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia 3–5 Tahun Di Tk Muslimat Nu 21 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak usia dini (3-5 tahun) adalah fase yang sangat penting untuk perkembangan anak khususnya perkembangan kemandirian, salah satu sarana yang membantu proses kemandirian pada anak adalah pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan perkembangan kemandirian pada anak usia 3-5 tahun di TK Muslimat NU 21 Malang. Metode Penelitian ini adalah menggunakan desain observasional dengan pendekatan cross-sectional.sampel dipilih menggunakan metode kuota sampling dengan jumlah 50 responde. Hubungan Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) dengan perkembangan kemandirian anak usia prasekolah dianalisis dengan menggunakan Chi Square Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan perkembangan kemandirian anak usia prasekolah (p value=0,024). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menentukan perkembangan kemandirian anak usia prasekolah. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mengetahui pentingnya PAUD bagi perkembangan anak.

English Abstract

Early childhood (3-5 years) is a very important phase for the development of shildren, espesially independence. One of the tool that helps the process of independence is early childhood. This study is aimed to determine the correlation between Early Childhood Education (ECD) with the development of independence among children aged 3-5 years in Muslimat NU 21 Kindergarten Malang. Method of this study was an observational analytic with approach of cross-sectional. The samples are selected by quota sampling and size by 64 people. The Correlation between Early Childhood Education (ECD) with the development of pre-schooler’s independence was analyzed using Chi Square Correlation. The result showed that there was a significant relationship between Early Childhood Education with the development of preschooler’s independence (p value = 0.024). Early Childhood Education determine the development of preschooler’s independence. Thus, it is important for parents to know the importance of Early Childhood Education for childrens development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/316/051402972
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 May 2014 13:53
Last Modified: 21 Oct 2021 09:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124299
[thumbnail of 2._Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf]
Preview
Text
2._Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_2.pdf]
Preview
Text
4._BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_1.pdf]
Preview
Text
3._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_5.pdf]
Preview
Text
7._BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.__BAB_3.pdf]
Preview
Text
5.__BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_4.pdf]
Preview
Text
6._BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_6.pdf]
Preview
Text
8._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_7.pdf]
Preview
Text
9._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._Lampiran.pdf]
Preview
Text
11._Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 10._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover_+__Daftar_isi.pdf]
Preview
Text
1._Cover_+__Daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item