Fadhlullah, Faris Faza (2018) Pengaruh Product Placement ( Penempatan Produk ) Aquariset Pada Video Box Of Fish Di Youtube Terhadap Brand Awareness Dan Purchase Intention. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Belakang ini sudah banyak produsen yang memanfaatkan media online khususnya youtube dalam mempromosikan produk mereka tetapi jarang sekali para produsen produk perikanan yang memanfaatkan youtube sebagai media promosi produk, dan saat ini dirasa produk perikanan di Indonesia sedikit dikenal oleh kalangan masyarakat umum, sehingga youtube dapat dijadikan suatu solusi dan sarana baru dalam promotion produk di era yang semakin modern ini.. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis seberapa efektifnya product placement pada video box of fish untuk menarik minat beli konsumen (purchase intention). (2) Untuk menganalisis seberapa pengaruhnya product placement pada video box of fish terhadap brand awareness konsumen. (3) Untuk menganalisis seberapa pengaruhnya brand awereness pada video box of fish terhadap minat beli konsumen (purchase intention). Jenis penilitian yang digunakan adalah true experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer meliputi meliputi profil usaha, dan data yang diperoleh secara langsung dari penonton melalui pengisian quisioner secara online serta data sekunder meliputi letak geografis, topografis, data penduduk, literatur dan sebagai pembanding. Kemudian untuk teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka. Untuk analisis data meliputi uji structural equation modelling (SEM). AJCM (Aquajaya Chapter Malang) merupakan salah satu toko Aquascape Cabang Malang yang berada di kecamatan Blimbing jl. Hamid Rusdi No. 5, Malang. Aquajaya Chapter Malang menjual segala produk tentang aquascape seperti, soil, tanaman, alat perawatan, aquarium, ikan, hingga desain aquascape itu sendiri. AJCM (Aquajaya Chapter Malang) merupakan salah satu toko Aquascape Cabang Malang yang berada di kecamatan Blimbing jl. Hamid Rusdi No. 5, Malang. Aquajaya Chapter Malang menjual segala produk tentang aquascape seperti, soil, tanaman, alat perawatan, aquarium, ikan, hingga desain aquascape itu sendiri. Pengaruh product placement terhadap brand awereness pada produk Aquajaya bermerk Aquariset mempunyai hasil yaitu berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awereness, Hal ini menunjukkan bahwa apabila penempatan suatu produk dalam program acara pada media box of fish akan dapat meningkatkan nilai dari merek suatu produk. Pengaruh brand awereness terhadap purchase intention pada produk Aquajaya bermerk Aquariset Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan mempunyai hasil yaitu berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada produk Aquajaya bermerk Aquariset. Hal ini menunjukkan bahwa brand awereness yang sudah dikenal, menarik, mudah diingat, dan terkenal mempengaruhi persepsi penonton untuk meningkatkan keinginan untuk membeli. Pengaruh product placement terhadap purchase intention pada produk Aquajaya bermerk Aquariset Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa product placement berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hal ini menunjukkan bahwa penempatan suatu produk pada program acara pada media akan meningkatkan minat beli penonton terhadap suatu produk. Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi bagi pihak perusahaan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam maningkatkan minat pembelian dan citra atau nilai suatu brand sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan strategi pemasaran agar menjadi lebih baik di masa mendatang sehingga dapat mengungguli kompetitor lainnya. Selain itu pengusaha dapat meningkatkan minat pembelian atau purchase intention dengan 2 cara, yaitu melakukan product placement atau meningkatkan brand awereness saja, tetapi akan lebih efektif melakukan product placement dan dimediasi oleh brand awereness karena memberikan efek sebesar 41%. Untuk meningkatkan niat membeli maka sponsor dari product placement harus sesuai dengan jenis media dan juga target penonton dari media tersebut. Untuk meningkatkan niat membeli maka sponsor dari product placement harus sesuai dengan jenis media dan juga target penonton dari media tersebut, Untuk meningkatkan niat membeli maka sponsor dari product placement harus sesuai dengan jenis media dan juga target penonton dari media tersebut.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2018/314/051805154 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 06:31 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 04:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12420 |
![]() |
Text
Faris Faza Fadhlullah.pdf Download (8MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |