Hubungan Antara Status Gizi Dan Asupan Bahan Makanan Dengan Kejadian Anemia Pada Lansia (Studi Kasus di Posyandu Lansia Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur).

Sinthika, Euodia (2014) Hubungan Antara Status Gizi Dan Asupan Bahan Makanan Dengan Kejadian Anemia Pada Lansia (Studi Kasus di Posyandu Lansia Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Status gizi lansia dan asupan bahan makanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya anemia pada lansia. Anemia yang terjadi pada lansia sangat mempengaruhi kualitas hidup dan kesehatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan status gizi dan asupan bahan makanan (asupan sumber Fe, Vitamin C dan Frekuensi konsumsi kopi dan teh) terhadap kejadian anemia pada lansia. Penelitian dengan metode crossectional dilakukan pada 50 orang responden lansia terpilih. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Data status gizi diperoleh dengan perhitungan Bodymass Arm Span dan penilaian asupan bahan makanan menggunakan SQ-FFQ, sedangkan untuk status anemia diketahui berdasarkan hasil uji laboratorium terhadap kadar hemoglobin dalam darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi tidak memiliki hubungan yang signifikan p=0,384 dengan kejadian anemia tetapi menunjukan korelasi yang positif, sedangkan asupan Fe dan vitamin C menunjukan hubungan yang signifikan yaitu p>0,001 dan p=0,034 terhadap kejadian anemia yang terjadi pada lansia, akan tetapi untuk frekuensi dari konsumsi kopi dan teh tidak memiliki hubungan (nilai p>0,05) dengan kejadian anemia pada lansia tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kejadian anemia pada lansia memiliki hubungan yang signifikan dengan asupan Fe dan vitamin C yang kurang oleh karena itu disarankan agar lansia lebih memperhatikan konsumsi dari Fe dan vitamin C.

English Abstract

Nutritional status of elderly and food intake is considered as one of anemia occurrence factor on elderly. Anemia could impact the quality of life and healthiness for elderly. This study is conducted to find out the relation of nutritional status and food intake ( intake of Fe , Vitamin C and and the frequency of coffee and tea consumption) towards anemia on elderly. This study used cross-sectional method and is applied to 50 elderly selected. The sample is selected using purposive sampling based on inclusion and exclusion criteria. Nutrient status data is derived by using Bodymass Arm Span calculation and assessment of food intake using the SQ – FFQ. The data of anemia is acquired based on the results of laboratory test on hemoglobin levels in the blood . The result of this study shows that nutritional status did not have significant correlation (p = 0.384 ) with anemia but describe positive correlation, meanwhile, the intake of Fe and Vitamin C indicate significant correlation (p > 0.001 and p = 0.034) on the incidence of anemia in the elderly, however, the consumption frequency of coffee and tea did not have significant correlation( p-value > 0.05 ) with anemia on elderly. Therefore, it could be concluded that anemia on elderly is the effect of the less of Fe and Vitamin C intake, It is suggested that elderly should be attentive to Fe and Vitamin C intake.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/154/051401995
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 20 Mar 2014 14:22
Last Modified: 21 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124123
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER+DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER+DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VII.pdf]
Preview
Text
BAB_VII.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item