Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Sikap Pengguna Twitter Tentang Pemberian Informasi Pribadi Dengan Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM)

Noviany, Mega (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Sikap Pengguna Twitter Tentang Pemberian Informasi Pribadi Dengan Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Twitter merupakan salah satu media sosial yang sedang diminati oleh banyak orang di Indonesia karena twitter dapat mempermudah pengguna untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berada di sekelilingnya dan orang-orang yang berada diseluruh dunia melalui komputer ataupun mobile. Saat ini banyaknya pengguna yang memberikan informasi terlalu banyak pada media sosial karena mereka tidak peduli terhadap masalah privasi dan keamanan pada media sosial yang digunakan. Pengguna tidak mengetahui tentang apa yang dilakukan oleh orang lain dan penyedia layanan terhadap informasi pribadi dari pengguna yang telah diberikan pada media sosial. Selain itu pihak dari twitter menyatakan adanya pencurian data berupa informasi pribadi dari jutaan pengguna twitter di seluruh dunia. Hal tersebut dapat menimbulkan resiko bagi pengguna karena informasi pribadi pengguna telah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Sikap dari pengguna digunakan untuk menentukan apakah pengguna akan terus memberikan informasi pribadinya pada twitter meskipun telah mengetahui dampak postif ataupun negatif yang didapatkan. Sikap pengguna ketika memberikan informasi pribadi pada twitter pasti dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang dapat memengaruhi sikap pengguna twitter tentang pemberian informasi pribadi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah privacy, security, awareness, control, trust in provider, trust in member, risk dan attitude. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 241 pengguna yang memberikan informasi pribadi pada twitter dengan rentang usia 16-25 tahun yang berada di Indonesia. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Analisis SEM dilakukan melalui 3 tahapan yaitu pengujian model fit, pengujian measurement model, dan pengujian structural model. Hasil dari penelitian ini menunjukan faktor yang dapat memengaruhi sikap pengguna twitter tentang pemberian informasi pribadi adalah trust in provider. Pengguna akan tetap memberikan informasi pribadi pada twitter jika pengguna percaya bahwa layanan yang telah disediakan oleh twitter akan menjaga datanya dengan aman sehingga datanya tidak akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan faktor-faktor lainnya seperti privacy, security, trust in member dan risk tidak berpengaruh terhadap sikap pengguna yang tetap memberikan informasi pribadi pada twitter. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya kecocokan model dalam menganalisis penelitian ini karena nilai dari Goodness of Fit sesuai dengan kriteria dan seluruh hubungan antar variabel dengan indikator dapat diterima sehingga indikator dapat digunakan untuk mengukur variabel laten yang digunakan dalam penelitian ini.

English Abstract

Twitter is one of social media that is liked by many people in Indonesia because twitter can make it easier for the user to interact with the people around him and those who are located throughout the world through a computer or mobile. Currently many users who give too much information on social media because they do not care about the privacy and security on the social media used. The user does not know about what is done by other people and service provider of personal information from a user who has been given on the social media. In addition party from twitter stated the existence of data theft in the form of the personal information of millions of Twitter users in the whole world. It can pose a risk to the user because the user personal information has been stolen by the party who is not responsible. The attitude of a user is used to determine whether a user will continue to provide personal information on twitter even know the impact of positive signals or negative obtained. User attitude when providing personal information on twitter certainly influenced by several factors. This research aims to determine the factors that can affect the attitude of Twitter users toward the gift of personal information. The variables used in this research is the privacy, security, awareness, control, trust in provider, trust in member, risk and attitude. The sample used in this research as much as 241 Twitter users toward the gift of personal information with aged 16-25 years in Indonesia. Data analysis methods in this research using Structural Equation Modeling (SEM). SEM analysis was performed through 3 phases, namely model fit testing, measurement model testing, and structural model testing. The results of this research shows the factors that can affect the attitude of Twitter users toward the gift of personal information is trust in provider. The user will continue to provide personal information on twitter if the user believes that the service has been provided by twitter will keep data with secure so that the data will not be misused by the party not responsible. While other factors such as privacy, security, trust in member and risk does not affect the attitude of users who continue to provide personal information on Twitter. The results of this research also shows the existence of the suitability of the models in analyzing this research because the value of the Goodness of Fit in accordance with the criteria and all the relations between the variables with the indicator can be accepted so that the indicator can be used to measure the latent variables used in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/254/051705021
Uncontrolled Keywords: Twitter, Security, Privacy, Trust, Risk, Attitude, Structural Equation Modeling
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 11 Jul 2017 06:42
Last Modified: 12 Oct 2020 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124
[thumbnail of Mega Noviany .pdf]
Preview
Text
Mega Noviany .pdf

Download (746kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item