Hubungan Intake Calcium dan Magnesium dengan Tekanan Darah Pada Usia Dewasa di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Tahun 2012.

Lestari, Dwi (2013) Hubungan Intake Calcium dan Magnesium dengan Tekanan Darah Pada Usia Dewasa di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Tahun 2012. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hipertensi terjadi akibat faktor lingkungan, faktor genetik dan interaksi antara keduanya. Faktor lingkungan yang paling berdampak pada tekanan darah adalah faktor makanan atau pola makan, dimana faktor ini yang paling berperan dalam homeostasis tekanan darah. Kadar calcium di dalam darah penting karena calcium membuat jantung berkontraksi sedangkan magnesium berfungsi membantu otot jantung untuk relaksasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intake Calcium dan Magnesium terhadap tekanan darah pada usia 18-44 tahun di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Rancangan penelitian ini bersifat Cross Sectional dengan teknik sampling “Consecutive Sampling” pada sampel yang berjumlah 90 orang. Intake Ca dan Mg diperoleh dari pengukuran Weighing Food Record dan 24-Hours Food Recall . Tekanan darah diukur dengan menggunakan sphygmomanometer air raksa. Analisis bivariat dilakukan dengan uji Spearman Rank Correlation. Dari hasil uji statistik menunjukkan antara intake calcium dengan tekanan darah sistolik dan diastolik mempunyai p>0,05 yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan, sedangkan intake magnesium dengan tekanan darah sistolik diperoleh p =0,005, r=0,207 yang berarti ada hubungan yang signifikan, namun untuk tekanan darah diastolik tidak ada hubungan yang signifikan ( p >0,05). Intake Calcium dengan rerata 208,5±123 mg dan intake Mg dengan rerata 226,2±110,2 mg. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara intake magnesium dan tekanan darah sistolik saja, namun keeratan hubungannya lemah dan berpola positif artinya semakin tinggi intake magnesium maka semakin meningkat tekanan darah sistolik. Sedangkan intake calcium tidak ada hubungan yang signifikan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik.

English Abstract

Hypertension occurs due to environmental factors, genetic factors and the interaction between the two. Environmental factors that most impact on blood pressure is a factor of food or diet, which is the most instrumental factor in blood pressure homeostasis. Levels of calcium in the blood is important because calcium makes the heart contracts, while magnesium helps the heart muscle relaxation. This study aimed to determine the relationship between the intake of Calcium and Magnesium on blood pressure at age 18-44 years in District Kedungkandang, Malang. The design of this study is cross-sectional sampling technique " Consecutive Sampling " on the sample of 90 people. Ca and Mg intake obtained from measurements Weighing Food Record and 24-Hours Food Recall . Blood pressure was measured using a mercury sphygmomanometer. Bivariate analysis performed by Spearman Rank Correlation test. From the results of the statistical test shows between calcium intake with systolic and diastolic blood pressure have p> 0.05, which means there is no significant relationship, while magnesium intake with systolic blood pressures obtained p = 0.005, r = 0.207, which means there is a significant relationship, but for diastolic blood pressure was no significant relationship (p> 0.05). Calcium intake with a mean 208.5 ± 123 mg and Mg intake with a mean 226.2 ± 110.2 mg. The conclusion of this study is a significant relationship between magnesium intake and systolic blood pressure alone, but the closeness of the relationship is weak and positive pattern means the higher magnesium intake increased systolic blood pressure. While calcium intake there was no significant association with systolic and diastolic blood pressure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/58/051301970
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2013 10:57
Last Modified: 20 Oct 2021 17:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123870
[thumbnail of 051301970.pdf]
Preview
Text
051301970.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item