Pengaruh Waktu Lama Simpan Susu Pasteurisasi Komersial yang sudah dibuka pada Suhu Refrigerator Terhadap Pertumbuhan Bakteri Salmonella Typhi

Amelia, DwiNina (2013) Pengaruh Waktu Lama Simpan Susu Pasteurisasi Komersial yang sudah dibuka pada Suhu Refrigerator Terhadap Pertumbuhan Bakteri Salmonella Typhi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah produksi susu sapi yang melimpah mulai diiringi dengan kesadaran akan pentingnya konsumsi susu sapi yang bergizi. Pengolahan dengan cara pasteurisasi dan penyimpanan pada suhu refrigerator dilakukan agar kualitas susu sapi tetap terjaga dalam kurun waktu tertentu dan cukup lama. Meskipun disimpan pada suhu refrigerator bukan berarti kualitas susu pasteurisasi tetap terjaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyimpanan pada suhu refrigerator dan waktu penyimpanan pada susu pasteurisasi komersial dalam kemasan yang sudah dibuka terhadap pertumbuhan Salmonella Typhi Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan dan pengulangan dari 2 sampel susu pasteurisasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah waktu penyimpanan sedangkan variabel terikat adalah jumlah koloni Salmonella Typhi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hari pertama penyimpanan tidak menunjukkan adanya pertumbuhan koloni Salmonella Typhi pada susu pasteurisasi merek X dan merek Y, namun ditemukan pertumbuhan bakteri lain, bakteri tersebut antar lain Pseudomonas, Shigella dan Vibrionaceae yang dapat tumbuh dalam media BSA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah susu pasteurisasi yang disimpan pada suhu refrigerator dengan kemasan sudah dibuka tidak mengalami pertumbuhan Salmonella Typhi yang melebihi batas aman Badan Pengawasan Obat dan Makanan yaitu 0 (nol). Berdasarkan penelitian ini disarankan adanya penelitian lebih lanjut tentang pertumbuhan Salmonella Typhi pada susu pasteurisasi dengan kemasan sudah dibuka yang disimpan pada suhu refrigerator rumah tangga.

English Abstract

The abundance of cows milk production is accompanied by awareness of the importance of nutritious milk consumption. Pasteurization and storaging at a refrigerator temperature is made in order to maintain the quality of cow’s milk in a certain period of time. Although it is stored at a refrigerator temperature it does not mean the quality of pasteurized milk can be maintained. The purpose of this study was to determine the effect of storage time on refrigerator temperature and storage time on commercial pasteurized milk in containers that have been opened to the growth of Salmonella Typhi. This study used 4 treatments and 2 repetitions of pasteurized milk. The independent variable in this study was the time of storage while the dependent variable was the amount of Salmonella Typhi colonies. Data analysis in this study used descriptive test. The result showed that on the first day storing, there were not shown any growth of Salmonella Typhi colonies in pasteurized milk, but there were found the growth of other bacteria, which could be Pseudomonas, Shigella and Vibrionaceae that can grow in media BSA. Conclusion of this research, it was safe to store pasteurized milk in opened containers at refrigerator temperature as long as the refrigerator is clean. Based on this research, it is suggested further research on the growth of Salmonella Typhi in opened containers of pasteurized milk that kept at household refrigerator temperature.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/564/051309556
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 23 Oct 2013 09:15
Last Modified: 20 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123853
[thumbnail of FULL_TEKS.pdf]
Preview
Text
FULL_TEKS.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item