Pengaruh Pemberian Tepung Sorgum (Sorghum Bicolor L.) Terhadap Kadar Kolesterol Total Pada Tikus (Rattus novergicus strain wistar) Dengan Diet Aterogenik

Wardani, SylviaHelmaKusuma (2013) Pengaruh Pemberian Tepung Sorgum (Sorghum Bicolor L.) Terhadap Kadar Kolesterol Total Pada Tikus (Rattus novergicus strain wistar) Dengan Diet Aterogenik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu faktor risiko aterosklerosis utama adalah dislipidemia. Di Indonesia prevalensi dislipidemia semakin meningkat. Salah satu penanda adanya dislipidemia adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Salah satu alternatif yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah bahan makanan berserat dari jenis serealia contohnya sorgum (Sorghum bicolor L.). Dalam 100 gram tepung sorgum terdapat 7,83 gram serat. Mekanisme serat makanan dapat menurunkan kolesterol yaitu dengan meningkatkan ekskresi empedu, menghambat absorpsi kolesterol, menurunkan availabilitas kolesterol, mencegah sintesis kolesterol, serta dapat menurunkan jumlah energi makanan sehingga mengurangi sintesis kolesterol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh pemberian tepung sorgum (Sorghum bicolor L.) terhadap kadar kolesterol total tikus (Rattus norvegicus strain wistar) yang diberi diet aterogenik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Post-test Control Group yang dilakukan pada 25 ekor tikus jantan yang dibagi secara random menjadi 5 kelompok. Kelompok I adalah tikus yang diberi pakan normal (kontrol negatif), kelompok II diberi diet aterogenik (kontrol positif), kelompok III diberi diet aterogenik dan tepung sorgum 7 gram, kelompok IV diberi diet aterogenik dan tepung sorgum 14 gram dan kelompok V diberi diet aterogenik dan tepung sorgum 28 gram. Pemberian tepung sorgum dilakukan secara per oral setiap hari selama 8 minggu. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah kadar kolesterol total tikus. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian tepung sorgum (Sorghum bicolor L.) terhadap kadar kolesterol total tikus (Rattus norvegicus strain wistar) yang diberi diet aterogenik. Dosis terbaik ialah pada kelompok perlakuan I yaitu dengan dosis diet aterogenik dan 7 gram tepung sorgum. Saran dari penelitian ini adalah perlunya dilakukan penelitian lanjutan mengenai pemberian tepung sorgum dalam jangka waktu yang lebih panjang untuk mengetahui apakah terdapat efek samping, serta perlu adanya pertimbangan bentuk lain dari tepung sorgum untuk meningkatkan efektivitas dalam menurunkan kadar kolesterol total tikus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/507/051306898
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Oct 2013 10:28
Last Modified: 19 Oct 2021 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123791
[thumbnail of 5._BAB_3.pdf]
Preview
Text
5._BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_5.pdf]
Preview
Text
7._BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_4.pdf]
Preview
Text
6._BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_6.pdf]
Preview
Text
8._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_7.pdf]
Preview
Text
9._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_2.pdf]
Preview
Text
4._BAB_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover_+_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
1._Cover_+_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._Lampiran.pdf]
Preview
Text
11._Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 2._Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf]
Preview
Text
2._Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_1.pdf]
Preview
Text
3._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item