Apriyanto, Denny (2013) Perbedaan Pola Asuh Makan pada berbagai Tingkatan Posyandu terhadap Tingkat Konsumsi Energi dan Protein Balita (Studi Kasus di Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pola asuh makan secara langsung dapat mempengaruhi tingkat konsumsi energi dan protein. Pendidikan/pelayanan gizi di posyandu dapat mempengaruhi pengetahuan ibu tentang pola asuh makan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola asuh makan pada berbagai tingkatan posyandu terhadap tingkat konsumsi energi dan protein balita di Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa. Jenis penelitian observasional analitik dengan metode crossectional yang mengukur perbedaan pola asuh makan balita berdasarkan empat tingkatan posyandu (pratama, madya, purnama, mandiri). Posyandu pratama merupakan posyandu yang tingkatannya terendah, sedangkan tingkatan tertinggi adalah posyandu mandiri. Diasumsikan bahwa semakin tinggi tingkat posyandu, semakin baik pelayanan gizi, sehingga makin baik pula pola asuh makan yang akan menghasilkan tingkat konsumsi yang lebih baik. Dua puluh lima balita dari 3 posyandu yang dipilih secara acak yang mewakili setiap tingkatan posyandu diambil dengan cara purposive sampling . Hasil penelitian menunjukkan, semakin tinggi tingkatan posyandu semakin baik pola asuh makannya (p<0,05), namun pola asuh makan tidak berbeda secara signifikan terhadap tingkat konsumsi energi dan protein balita (p>0,05), karena tingkat konsumsi energi dan protein pada semua kategori pola asuh makan dikategorikan cukup. Kesimpulannya adalah pola asuh makan pada berbagai tingkatan posyandu tidak mempengaruhi tingkat konsumsi energi dan protein balita, dimungkinkan karena tingkat konsumsi energi dan protein dapat juga dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi, ketersediaan pangan dan kesadaran/ perilaku ibu dalam menerapkan pola asuh makan.
English Abstract
Feeding practices can directly affect the level of energy and protein consumption. Nutrition education (services) in posyandu may contribute to the knowledge of mother on appropriate child feeding. The purpose of this study was to determine the difference of feeding practices on many levels posyandu with energy and protein consumption levels of under five children in District of Moyo Hulu Sumbawa. An analytical observational research with crosssectional method measured the differences of feeding practices of children under five based on four levels of posyandu (pratama, madya, purnama, mandiri). Pratama is the lowest level of posyandu, while mandiri is the highest level. It was assumed that the higher the level of posyandu, the better the services, thus the better the child feeding practices that in turn will result the better consumption level. Twenty five childrens under five from 3 randomly selected posyandu that represent each level of posyandu was recruited purposively. The results showed that the higher level of posyandu the better of feeding practices (p<0,05), however feeding practices did not difference significantly to energy and protein consumption levels of under five children (p> 0.05), because the levels of energy and protein consumption in all categories of feeding practices is sufficient. The conclusion is feeding practices that applied on many levels of posyandu did not affect to energy and protein consumption levels of under five children, it may because the consumption of energy and protein levels may also be influenced by socio-economic factors, food availability and awareness/maternal behavior in applying feeding practices.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2013/47/051301958 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Mar 2013 14:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123753 |
Preview |
Text
051301958.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |