Pengaruh Pemberian Ekstrak Labu Kuning (Cucurbita moschata) terhadap Kadar LDL (Low Density Lipoprotein) per oral pada Tikus Wistar (Rattus norvegicus) Jantan Model Diabetes Mellitus dengan Induksi St

Winarni, Selvi (2013) Pengaruh Pemberian Ekstrak Labu Kuning (Cucurbita moschata) terhadap Kadar LDL (Low Density Lipoprotein) per oral pada Tikus Wistar (Rattus norvegicus) Jantan Model Diabetes Mellitus dengan Induksi St. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diabetes melitus merupakan sindroma yang ditandai hiperglikemia kronis dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein yang dihubungkan dengan aktivitas radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada beberapa jaringan. Beberapa dari radikal bebas ini dapat mengoksidasi sejumlah besar kolesterol LDL pada penderita diabetes melitus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak labu kuning (Cucurbita moschata) terhadap kadar LDL pada tikus wistar model diabetes melitus. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berupa hewan coba tikus sebanyak 20 ekor yang dibagi secara acak menjadi 5 kelompok perlakuan, yaitu kelompok P0 dengan diet normal (kontrol negatif), P1 dengan induksi STZ (kontrol positif), P2 dengan induksi STZ dan diberi ekstrak labu kuning dosis 1 (42,2 mg/hari), P3 dengan induksi STZ dan diberi ekstrak labu kuning dosis 2 (84,3 mg/hari) dan P4 dengan induksi STZ dan diberi ekstrak labu kuning dosis 3 (168,6 mg/hari). Kadar LDL darah diukur dengan metode CHOD-PAP, kemudian data dianalisis dengan uji Kruskal Wallis dengan tingkat signifikansi p<0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak labu kuning (Cucurbita moschata) tidak memiliki pengaruh yang bermakna terhadap kadar LDL darah tikus (Rattus norvegicus) model diabetes melitus dengan nilai p>0,05 (p = 0,62). Hal ini mungkin dikarenakan dosis yang kurang tepat dan kurangnya pengendalian sampel dalam penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang bermakna dari pemberian ekstrak labu kuning terhadap kadar LDL darah tikus model diabetes melitus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/298/051304812
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Jun 2013 09:35
Last Modified: 21 Jun 2013 09:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123577
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item