Hubungan Asupan Makan dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar (studi kasus siswa SD kelas V Kecamatan Dekai Suku Momuna Kabupaten Yahukimo) Propinsi Papua.

Bahabol, Markus (2013) Hubungan Asupan Makan dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar (studi kasus siswa SD kelas V Kecamatan Dekai Suku Momuna Kabupaten Yahukimo) Propinsi Papua. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keadaan gizi yang baik dapat dicapai dengan memperhatikan pola konsumsi terutama energi, protein, dan zat gizi mikro. Pola konsumsi makanan harus memperhatikan nilai gizi makanan dan kecukupan zat gizi yang dianjurkan. Hal tersebut dapat ditempuh dengan penyajian hidangan bervariasi dan kombinasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara asupan makan dengan status gizi pada anak sekolah dasar SD kelas V.Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 siswa dengan menggunakan teknik proporsive sampling. Variabel independen, asupan makan, variabel dependen, status gizi. Hasil dalam penelitian ini di analisis menggunakan dengan uji chi square . Dari hasil uji statistik tidak terdapat hubungan yang signifikan antara asupan makan dengan status gizi, tetapi ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan orang tua dengan status gizi anak dengan nilai p=0,025. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah Status gizi siswa sekolah dasar kelas V (SD) secara umum adalah normal, walaupun demikian masih banyak yang kurus sehingga perlu diberikan program PMT-AS. Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sekolah sebagai modal sumber daya manusia masa depan, perlu program pemantauan gizi anak sekolah melalui UKS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/207/051302798
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 01 May 2013 12:03
Last Modified: 01 May 2013 12:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123491
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item