Perbedaan Kadar Hemoglobin pada Remaja Lacto-Ovo Vegetarian dan Non Vegetarian Di SMA Advent Purwodadi dan SMAN Grujugan Bondowoso (Dengan Status Gizi Normal dan Zat Besi Cukup)

Hapsari, AndhiniYulli (2012) Perbedaan Kadar Hemoglobin pada Remaja Lacto-Ovo Vegetarian dan Non Vegetarian Di SMA Advent Purwodadi dan SMAN Grujugan Bondowoso (Dengan Status Gizi Normal dan Zat Besi Cukup). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Remaja beresiko tinggi menderita anemia, khususnya kurang zat besi, pada saat mengalami pertumbuhan yang sangat cepat yaitu masa puber. Kaum vegetarian juga sangat rawan mengalami defisiensi zat besi karena mineral ini banyak terdapat dalam daging terutama daging merah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan resiko menderita anemia dan rata-rata kadar hemoglobin remaja lacto-ovo vegetarian dan nonvegetarian di SMA Advent Malang dan SMAN Grujugan Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan cross sectional . Jumlah sampel adalah 22 sampel lacto-ovo vegetarian sebagai kelompok kasus yang merupakan total sampling dan 22 sampel non vegetarian sebagai kelompok control yang dipilih dengan cara simple random sampling . Hasil penelitian menunjukkan proporsi anemia pada sampel lacto-ovo vegetarian cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan non vegetarian. Remaja penganut lacto ovo vegetarian lebih beresiko menderita anemia dibandingkan dengan remaja non vegetarian ( p= 0,046). Rata-rata kadar hemoglobin sampel non vegetarian cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan sampel lacto ovo vegetarian. Terdapat perbedaan yang bermakna terhadap rata-rata kadar hemoglobin remaja penganut lacto ovo vegetarian dan non vegetarian laki-laki ( p= 0,042) maupun perempuan ( p= 0,022).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/12/051204803
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Dec 2012 10:06
Last Modified: 22 Oct 2021 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123239
[thumbnail of 051204803.pdf]
Preview
Text
051204803.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item