Rengganis, Pandhan (2018) Penerapan Target Costing Sebagai Upaya Efisiensi Biaya Produksi Produk Gethuk Pisang (Kasus Penjualan Secara Online Di Ukm Citra Baru Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Gethuk pisang merupakan makanan tradisional khas Kediri. Kepopuleran gethuk pisang menyebabkan banyak home industry yang membuka usaha gethuk pisang, salah satunya yaitu UKM Citra Baru. UKM Citra baru memiliki cara agar tetap eksis dipasaran yaitu menjualkan produknya melalui media sosial (online) yaitu website, facebook, dan whatsapp. Kendala yang dialami UKM Citra Baru yaitu harga dari bahan baku utama yaitu pisang raja nangka yang fluktuatif; sulitnya mendapatkan daun pisang kepok pada musim kemarau dan berangin; masih sedikitnya konsumen yang mengetahui bahwa produk gethuk pisang dapat dipesan melalui website, facebook, dan whatsapp; dan keuntungan yang didapat belum sesuai dengan harapan perusahaan. Dengan permasalahan tersebut, efisiensi biaya produksi menggunakan target costing dibutuhkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini memiliki 3 tujuan yaitu mendeskripsikan perbandingan perkembangan sistem penjualan online dan offline; menganalisis biaya produksi yang dikeluarkan dan keuntungan yang diterima dari penjualan online; serta menganalisis hasil efisiensi biaya produksi dan keuntungan dari penjualan secara online di perusahaan dengan penerapan target costing. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. UKM Citra Baru merupakan usaha yang mewakili perusahaan gethuk pisang untuk mengungkapkan fenomena yang terjadi di lapang dan sebagai syarat dari pendekatan metode kuantitatif. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive, yaitu lokasi penelitian dipilih secara sengaja. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive, yaitu penentuan responden dipilih secara sengaja. Responden yang dipilih merupakan key informant yang mengerti mengenai data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode standard costing, target costing, dan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan antara penjualan online dan penjualan offline menunjukkan hasil persentase sebesar 80% untuk penjualan online dan 20% untuk penjualan offline. Berdasarkan persentase tersebut, konsumen lebih berminat membeli produk gethuk pisang secara online. Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan selama tahun 2017 sebesar Rp 189.061.509,- dengan biaya non produksi sebesar Rp 1.703.500,-. Keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 33.234.991,- dengan persentase penjualan sebesar 16% atau Rp 408,- per kemasan untuk penjualan online. Setelah dilakukan penerapan target costing, perusahaan mampu menekan biaya produksi menjadi Rp 156.800.000,- per tahun. Pengeluaran untuk gethuk pisang yang terjual online, yaitu sebesar Rp 1.750,- per kemasan dan keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 750,- per kemasan.
English Abstract
Gethuk pisang is Kediri’s traditional food. The popularity of gethuk pisang causes many home industries to open the business of gethuk pisang, one of them is UKM Citra Baru. UKM Citra Baru has a way to keep exist in the market selling its products through social media (online) like website, Facebook, and Whatsapp. The obstacles experienced by UKM Citra Baru are the fluctuating price of the main raw materials, Raja Nangka banana; difficulty in obtaining Kepok banana leaves in dry season and windy condition; consumers still don’t know much that gethuk pisang products can be ordered through website, Facebook, and Whatsapp; and the profit earned is not in line with the company's expectations. These problems required production cost efficiency using target costing. Based on these problems, this study has 3 objectives, they are describing the comparison of the development of online and offline sales system; analyze the production cost incurred and the profit received from online sales; and analyzing the results of production cost efficiency and profit from online sales in the company with the implementation of target costing. This research using quantitative approach. UKM Citra Baru is a business representing the gethuk pisang company to reveal the phenomena that occurs in the field and it’s used as a condition of the approach of quantitative methods. The method of determining the location using purposive method and the location was chosen intentionally. Determination of respondents in this study using purposive technique, which is chosen intentionally. The selected respondents were key informants who understand the data needed in this research. Method of data collection using observation, interview, and documentation. Data analysis method using standard costing method, target costing method, and descriptive analysis. The results of this study indicate that the comparison between online sales and offline sales shows a percentage yield of 80% for online sales and 20% for offline sales. Based on that percentage, consumers are more interested in buying gethuk pisang products by online. Production cost incurred during 2017 is Rp 189,061,509,- with non production cost of Rp 1,703,500,-. The profit earned is Rp 33,234,991,- with a sales percentage of 16% or Rp 408,- per package for online sales. After the implementation of target costing, the company is able to reduces the production cost to Rp 156,800,000,- per year. Expenses for gethuk pisang sold online amounted to Rp 1,750,- per package and profit earned of Rp 750,- per package.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/237/051803557 |
Uncontrolled Keywords: | Target Costing, Efisiensi Biaya Produksi, Gethuk Pisang |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 06:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 09:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12281 |
Preview |
Text
PANDHAN RENGGANIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |