Analisis Efisiensi Biaya Produksi Menggunakan Pendekatan Target Costing Pada Produk Suwar – Suwir Berbasis Online Di Ud. Mutiara Rasa, Jember, Jawa Timur

Sari, Yunita (2018) Analisis Efisiensi Biaya Produksi Menggunakan Pendekatan Target Costing Pada Produk Suwar – Suwir Berbasis Online Di Ud. Mutiara Rasa, Jember, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan bisnis saat ini semakin kompetitif seperti perusahaan yang menjual makanan khas oleh – oleh di kota – kota tertentu misalnya Jember yang menjual makanan oleh – oleh seperti suwar – suwir dengan penjualan secara online sehingga perusahaan dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan mencapai tujuan perusahaan yaitu mencapai target keuntungan yang diharapkan. Produk yang diproduksi perusahaan adalah suwar – suwir berasal dari bahan baku tape singkong. Bahan baku didapatkan dari supplier yang sudah bekerja sama dengan perusahaan. Produk suwar – suwir dijual secara online dan offline. Penjualan secara online melalui media seperti Instagram, WhatsApp, Facebook dan Email. Persentase penjualan online yang dilakukan perusahaan sebesar 50% namun belum mencapai target keuntungan perusahaan. Perusahaan menginginkan laba sesuai dengan targetnya namun sulit diterapkan dikarenakan biaya produksi yang belum efisien. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penjualan online dan offline, menganalisis biaya produksi yang efisien dan keuntungan yang diharapkan perusahaan. Metode yang digunakan perusahaan adalah full costing dimana perusahaan tidak menghitung biaya produksi terlebih dahulu sebelum melakukan produksi sehingga biaya yang digunakan tidak efisien dan belum mampu mencapai keuntungan sesuai target perusahaan. Mengatasi hal tersebut untuk mengefisiensikan biaya produksi menggunakan metode target costing. Metode ini mampu mengefisiensikan biaya produksi dan mampu meningkatkan keuntungan sesuai target perusahaan sebesar 40%. Hasil perhitungan total biaya produksi menggunakan metode full costing sebesar Rp 763.576.571 sedangkan menggunakan metode target costing total biaya produksi sebesar Rp 678.888.000. Selisih biaya antara kedua metode tersebut adalah sebesar Rp 84.688.571. Setelah itu, dilakukan rekayasa nilai untuk menekan biaya produksi tanpa mengurangi kualitas produknya. Perhitungan menggunakan target costing mampu mengefisiensikan biaya produksi dengan rekayasa nilai sebesar Rp 104.772.000. Biaya yang mampu efisien menggunakan metode target costing untuk bahan baku sebesar Rp 85.950.000, biaya kemasan sebesar Rp 15.552.000 sedangkan pemasaran online sebesar Rp 3.270.000. Pemasaran online tersebut perusahaan bekerja sama dengan pihak Grab Food sehingga keuntungan Grab sebesar 15% dari penjualan online suwar – suwir. Adanya penambahan media tersebut akan meningkatkan penjualan online dengan asumsi sebesar 56.574 kilogram suwar – suwir sehingga mampu membantu meningkatkan keuntungan perusahaan. Hasil perhitungan biaya per kilogram suwar – suwir dengan metode full costing sebesar Rp 13.630 untuk rasa original dan suwar – suwir Mix rasa sebesar Rp 13.545. Sedangkan menggunakan metode target costing sebesar Rp 12.000. Selisih untuk suwar – suwir original sebesar Rp 1.630 dan suwar – suwir Mix rasa sebesar Rp 1.545. Adanya perbandingan selisih tersebut akan berpengaruh pada pendapatan yang diterima perusahaan. Perbedaan ii biaya tersebut mampu memberikan keuntungan pada perusahaan sesuai target biaya yang diharapkan.

English Abstract

Business competition nowadays is increasingly competitive as company that sells typical food as the souvenir in the certain cities. Jember city for the example, sells typical foods called suwar – suwir with online sales, so that companies are required to have competitive advantage in order to survive achieve the company's goal of reaching the expected profit targets. Suwar – suwir is the company’s product which is derived from raw materials of fermented cassava. Raw materials obtained from suppliers who have been working with the company. Suwar - suwir product is sold online and offline. Online sales through media such as Instagram, WhatsApp, Facebook and Email. Percentage of online sales conducted by the company is 50%, but this number has not yet reached the target of corporate profits. The company wanted the profits in accordance with the target but it's difficult because of the cost of production is applied have not been efficient. The purpose of this study is to describe the sale online and offline, analyze the efficient production costs and the expected benefits of the company. The company use the full costing method where company do not calculate the production costs in advance before doing the production, so used cost inefficient and haven't been able to achieve the company’s profit target. For overcome it, efficiency of production cost can be done by using method target costing. This method is able to efficiently production cost and able to increase profit according to company target by 40%. The calculation of total production costs using full costing method is Rp 763,576,571. Meanwhile by using the target costing method the total production costs is Rp 678,888,000. The cost difference between the two methods is amounting to Rp 84,688,571. After that, a value engineering is done to cut production costs without reducing product quality. The calculation uses target costing that is capable of efficient production cost with value engineering amounting to Rp 104,772,000. The cost will be efficient by using target costing method as well as raw materials amounting to Rp 85,950,000, packaging costs amounting to Rp 15,552,000 while online marketing is Rp 3,270,000. The company's online marketing cooperate with Grab Food by providing 15% of the profits from online sales of suwar - suwir products. The addition of such media will increase online sales with assumptions of 56.574 kg suwar - suwir product so it can help to increase corporate profits. Cost calculation result per kilogram suwar - suwir with full costing method equal to Rp 13.630 for original flavor and Rp 13.545 for mix flavor. Meanwhile for cost calculation result per kilogram of suwar - suwir product with target costing will be amount Rp 12.000. The deviation of the original flavor amount 1.630 and for the mix flavor is Rp 1.545. The existence of the deviation will affect the income that received by the company. The cost difference is able to provide benefits to the company according to expected cost target.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/245/051803565
Uncontrolled Keywords: Biaya Produksi, Targel Costing
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Oct 2018 04:07
Last Modified: 20 Oct 2021 09:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12267
[thumbnail of YUNITA SARI.pdf]
Preview
Text
YUNITA SARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item