Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PDAM Kota Malang

Frinka, Defani Putri (2016) Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PDAM Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan di lingkungan bisnis saat ini sangat ketat dan setiap perusahaan saling berlomba untuk dapat mempertahankan posisinya agar tidak tersisih dari kompetisi. Unsur yang tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan sebuah organisasi, baik lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta adalah kinerja. Kinerja perusahaan yang baik akan mengindikaskan keberhasilan bagi perusahaan tersebut. Untuk dapat mengetahui tingkat keberhasilan kinerja yang telah dicapai suatu organisasi, diperlukan suatu pengukuran kinerja. Balanced scorecard adalah metode pengukuran kinerja yang diperkenalkan oleh Robert Kaplan dan David Norton. Ukuran kinerja yang digunakan dalam Balanced scorecard mencakup ukuran keuangan dan non keuangan. Balanced scorecard memiliki empat perspektif yaitu, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penilaian kinerja PDAM Kota Malang tahun 2012 – 2014 yang dilakukan menggunakan metode balanced scorecard menunjukkan hasil keseluruhan yang cukup baik.. Hasil dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan PDAM Kota Malang tahun 2012 – 2015 menunjukkan hasil yang baik. Perspektif bisnis internal pada PDAM Kota Malang tahun 2012 – 2014 menunjukkan hasil yang baik dan terus mengalami peningkatan dari dari tahun ke tahun. Perbaikan kualitas dan kuantitas pelayanan yang dimaksimalkan pada perspektif bisnis internal memberi dampak yang baik pada perspektif pelanggan. Namun pada erspektif keuangan pada PDAM Kota Malang tahun 2012 – 2014 secara keseluruhan mengalami penurunan bobot kinerja dari tahun ke tahun. Jika dilihat dari hasil empat perspektif, yang paling mengalami penurunan adalah perspektif keuangan, khususnya untuk aspek biaya operasional yang terus meningkat. Hal ini dapat disimpulkan bahwa besarnya biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan digunakan untuk mendukung peningkatan kinerja pada ketiga perspektif yang lain.

English Abstract

Competition in today's business environment is very tight and every company vying with each other to be able to maintain its position from being eliminated from the competition. Elements that can not be separated from the success of an organization, either government agencies or private organizations is performance. Good performance will indicates the success level of the company. In order to determine the level of success that has been achieved performance of an organization, we need a performance measurement. Balanced Scorecard is a performance measurement method that was introduced by Robert Kaplan and David Norton. Performance measures that used in a balanced scorecard includes financial measures and non-financial. Balanced scorecard has four perspectives which is, financial perspective, customer perspective, internal business process and also learning and growth perspective. This type of research is descriptive research with quantitative approach. Performance appraisal of PDAM Kota Malang in 2012 - 2014 were conducted using a balanced scorecard showing the overall results were pretty good. Results of learning and growth perspective PDAM Kota Malang in 2012 - 2015 showed good results. Internal business perspective on PDAM Kota Malang in 2012 - 2014 showed good results and continued to increase from year to year. Improvements to the quality and quantity of services that maximized the internal business perspective gives a good impact on the customer's perspective. But in the financial perspective at PDAM Kota Malang in 2012 - 2014 as a whole decreased weight performance from year to year. Seen from the results of the four perspectives, financial perspective is the one that having most decreased result, especially for aspects of operational costs that continue to rise. It can be concluded that the operational costs incurred by the company are used to support performance improvement in the other three perspectives

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/395/051606920
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.306 Job analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Aug 2016 13:38
Last Modified: 22 Nov 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118712
[thumbnail of dapus.pdf]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_DEFANI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_DEFANI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_123.pdf]
Preview
Text
BAB_123.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item