Bakti, Ganistia Tri (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Album Puisi Imajinasi (ALPI) dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Talun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran ini dilakukan sesuai hasil studi pendahuluan di SMPN 2 Talun yang menyatakan bahwa siswa sangat pasif dan kurang mampu mengembangkan daya imajinasinya dalam menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media ALPI dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 2 Talun yang memiliki permasalahan terkait materi tersebut. Penelitian pengembangan ini akan mendeskripsikan model adaptasi pengembangan Borg dan Gall. Tujuan pemilihan model ini dikarenakan ingin mengetahui tingkat kelayakan dan dampak produk media yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan dalam beberapa tahap yakni uji coba skala kecil, skala sedang, skala luas, serta desimilasi dan implementasi yang melibatkan kelas VII di SMPN 2 Talun. Penelitian ini menghasilkan data respon siswa dan validasi ahli berikut. Angket respon siswa menghasilkan persentase
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/433/051706025 |
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, model pengembangan Borg dan Gall, media ALPI, menulis puisi. |
Subjects: | 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.81 Collection of poetry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 06:22 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1186 |
![]() |
Text
Ganistia Tri Bakti,.pdf Download (9MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |